11 Fakta Menarik Seputar Film Don (2006)

Don adalah film Bollywood tahun 2006 yang mengusung genre laga-thriller. Dalam film garapan Farhan Akhtar ini, Shah Rukh Khan mendapat peran ganda dan ia beradu akting dengan Priyanka Chopra di samping sejumlah nama tenar lainnya. Don memotret kisah tentang perdagangan narkoba besar di Asia yang berpusat di Kuala Lumpur. Para polisi India ditugaskan untuk menangkap Don, pria kejam dan berbahaya yang menjalankan kartel Singhania di Malaysia. Film ini sebenarnya merupakan remake dari film berjudul sama buatan tahun 1978.

Don

Berikut ini kami hadirkan 11 hal menarik di balik film ini.

1. Don diproduksi dengan budget 350 juta rupee dan sanggup mengumpulkan pendapatan hingga 1,05 miliar rupee, membuat produser bersemangat untuk merilis sekuelnya, Don 2.

2. 80% dari total keseluruhan film berdurasi 169 menit ini disyuting di Malaysia, meliputi beberapa tempat paling terkenal di sana seperti Menara Kembar Petronas, area Jalan Masjid India, Pulau Langkawi, dan sebagainya.

3. Saat syuting, cincin pernikahan Shah Rukh Khan jatuh. Ia pun meminta seluruh orang mencarinya di lokasi syuting sambil bercanda bahwa jika mereka tak menemukannya, ia terpaksa harus menikah lagi agar dapat cincin pernikahan baru. Cincin itu pun akhirnya ditemukan dengan cepat.

4. Untuk mendalami peran, Shah Rukh Khan, Priyanka Chopra, dan Arjun Rampal mengikuti program pelatihan bela diri khusus di bawah bimbingan ahli dari perguruan shaolin.

5. Hrithik Roshan sempat dibidik untuk memerankan Don, akan tetapi sutradara Farhan Akhtar menginginkan aktor yang lebih matang; oleh karena itulah SRK yang dipilih. Salman Khan juga sempat ditawari peran itu, namun ia tolak.

6. Ketika akan syuting adegan laga di Langkawi, koreografer laga berhalangan hadir dan Boman Irani, pemeran DCP D’Silva, harus segera pergi ke Goa untuk syuting. Dalam waktu yang kian menipis itu Shah Rukh Khan mengarang koreografi laga dan mengajari Boman adegan-adegannya sampai syuting tuntas dan Boman bisa terbang ke Goa di menit-menit akhir.

7. Karakter Don selalu mengenakan jam tangan merek Tag Heuer di sepanjang film, termasuk saat adegan laga dan bepergian.

8. Banyak mobil Hyundai digunakan dalam adegan kejar-kejaran di film ini. Faktanya, Shah Rukh Khan adalah duta produk Hyundai.

9. Akshay Kumar diberi tawaran untuk memerankan Jasjeet Ahuja, namun ia menolak. Peran itu pun kemudian diberikan pada Arjun Rampal.

10. Lagu film ini, “Aaj Ki Raat,” juga dipakai film Slumdog Millionaire dan dimasukkan ke dalam daftar soundtraknya.

11. Tiga penghargaan Filmfare Awards 2007 berhasil didapatkan Don, yaitu sebagai Film Terbaik, Aktor Terbaik (SRK), serta Musik Terbaik.

Komentar Anda