11 Fakta Unik Tentang Film Ip Man (2008)

Ip Man adalah film laga Hong Kong yang menampilkan Donnie Yen sebagai Yip Man, sosok legendaris di balik ilmu bela diri Wing Chun yang terkenal. Kehidupan guru Bruce Lee itu digambarkan secara apik oleh sutradara Wilson Yip dengan mengambil setting kota Foshan pada masa Perang Tiongkok-Jepang. Pada saat itu, banyak sekolah seni bela diri didirikan dan Yip Man adalah salah satu guru bela diri di sana. Yip Man yang hidup dalam kemiskinan itu harus menerima segala tantangan untuk membuktikan reputasinya sebagai legenda seni bela diri. Film ini sangat diterima masyarakat hingga sekuel-sekuelnya pun dibuat.

Ip Man

Berikut 11 hal yang perlu Anda simak dari film Ip Man.

~O~

1. Meski tak disebutkan di film, Yip Man sebenarnya dipekerjakan sebagai petugas polisi saat masa invasi Jepang.

2. Aktor Hiroyuki Ikeuchi yang memerankan Jenderal Miura mengalami gegar otak ringan saat syuting sebagai akibat dari empat pukulan yang diterimanya dalam adegan perkelahian.

3. Meski ini adalah film pertama yang fokus pada sosok Yip Man, sebenarnya gagasan untuk menampilkan film biopik Yip Man sudah ada sejak 30 tahun silam. Donnie Yen awalnya sudah diplot untuk memerankan Yip Man di film yang akan diproduksi pada 1997, dan Stephen Chow juga ditampilkan sebagai Bruce Lee dewasa. Namun sehari sebelum syuting proyek itu dibatalkan.

4. Ketika sedang berlatih adegan perkelahian, Donnie Yen mengalami cedera setelah seorang aktor secara tak sengaja menyayat sisi mata kirinya dengan kapak.

5. Selama syuting, seorang ahli pijat khusus selalu bersiaga karena Donnie Yen tidak bisa mengangkat bahu kanannya akibat cedera.

6. Putra tertua Yip Man, Ip Chun, beserta muridnya, Leo Au-yeung, dan peraih medali emas Changquan, To Yu-hang, menjabat sebagai konsultan untuk film ini. Mereka memberi banyak masukan pada jalan cerita dan koreografi bela diri film ini.

7. Syuting dimulai pada Agustus 2008 dan berlangsung di Shanghai, yang didesain menjadi kota Foshan.

8. Selama proses produksi berlangsung, muncul konflik antara produser Ip Man dengan sineas Wong Kar-wai tentang judul film. Wong yang juga tengah membuat film tentang Yip Man merasa keberatan karena Ip Man awalnya akan diberi judul Grandmaster Ip Man, sangat mirip dengan judul filmnya. Produser Ip Man pun mengalah dan mengganti judul meski film Wong sendiri masih terhenti pengembangannya dan baru dirilis pada tahun 2013 dengan judul The Grandmaster.

9. Film berdurasi 108 menit ini menandai kerjasama keempat antara Donnie Yen dengan sutradara Wilson Yip.

10. Dengan budget sekitar 11 juta dolar AS, Ip Man sukses mendapatkan keuntungan sekitar 21 juta dolar AS.

11. Dari 12 nominasi penghargaan yang diterima film ini di ajang Hong Kong Film Awards ke-28, hanya dua yang berhasil dimenangkan, yaitu kategori Film Terbaik dan Koreografi Laga Terbaik.

Komentar Anda