11 Fakta Unik Tentang Saif Ali Khan

Saif Ali Khan adalah aktor sekaligus produser India yang masuk ke dalam jajaran aktor paling populer di India. Pria bernama asli Sajid Ali Khan Pataudi ini lahir di New Delhi pada tanggal 16 Agustus 1970. Selain aktor, Saif juga merupakan Nawab (pangeran/gubernur) Pataudi ke-10 yang diangkat secara simbolis setelah kepergian ayahandanya, Mansoor Ali Khan Pataudi, pada tahun 2011. Sebagai aktor, Saif dikenal lewat berbagai perannya dalam film-film box office seperti Dil Chahta Hai, Kal Ho Naa Ho, Love Aaj Kal, Cocktail, dan sebagainya.

Saif Ali Khan

Berikut adalah 11 fakta unik yang perlu Anda tahu dari sosok Saif Ali Khan.

1. Ciri khas Saif yang paling menonjol adalah senyuman dan matanya yang indah. Saif merupakan putra dari mantan pemain kriket India, Mansoor Ali Khan, serta aktris India, Sharmila Tagore.

2. Pada tahun 2007, Saif dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit dada. Setelah menjalani pemeriksaan, diketahui Saif menderita serangan jantung ringan. Salah satu penyebabnya adalah karena Saif bekerja terlampau keras siang dan malam. Setelah sembuh, Saif langsung berhenti merokok.

3. Saif merupakan satu dari empat Khan yang menguasai bioskop pada era 90-an ke atas. Tiga Khan lainnya adalah Shah Rukh Khan, Salman Khan, dan Aamir Khan.

4. Saif menikah dengan aktris Amrita Singh selama tiga belas tahun dan dikaruniai dua orang anak. Mereka kemudian bercerai pada tahun 2004. Saif kemudian berpacaran dengan Kareena Kapoor. Mereka akhirnya menikah pada tahun 2012.

5. Saif mendapatkan penghargaan Debutan Terbaik berkat film Aashiq Awara di tahun 1993 silam, namun peran pentingnya didapatkan dalam film Yeh Dillagi di tahun 1994, di mana ia mendampingi Akshay Kumar dan Kajol. Beberapa film yang ia bintangi kemudian kurang sukses di pasaran.

6. Salah satu film tersukses Saif adalah Hum Tum yang dirilis pada tahun 2004. Dalam film komedi romantis itu, Saif berduet dengan Rani Mukerji. Hum Tum menjadi film tersukses tahun itu dan mengemas keuntungan domestik sebesar 3,1 juta dolar AS.

7. Di tahun 2009, Saif mengembangkan sayapnya ke bidang produksi film. Ia mendirikan perusahaan produksinya sendiri, Illuminati Films, bersama Dinesh Vijan. Film pertama yang dirilis adalah Love Aaj Kal yang dibintangi sendiri oleh Saif, ditemani Deepika Padukone.

8. Di tahun 1998, Saif berurusan dengan hukum karena memburu hewan blackbuck, sejenis antelop, saat syuting film Hum Saath Saath Hain bersama Salman Khan dan para pemain lainnya. Proses hukum kasus itu bahkan bergulir hingga tahun 2013.

9. Saif dua kali terlibat kasus pemukulan yang membuat dirinya dijerat hukum. Pertama ia memukul seorang fotografer bernama Pawan Sharma di tahun 2008, dan ia juga pernah memukul seorang pebisnis bernama Iqbal Sharma.

10. Saif pernah mengikuti dua tur dunia bersama para seleb lain. Tur pertama adalah Temptations 2004 bersama Shah Rukh Khan, Rani Mukerji, Preity Zinta, Priyanka Chopra, dan Arjun Rampal, sedangkan tur kedua adalah Heat 2006 bersama Akshay Kumar, Preity Zinta, Sushmita Sen, serta Celina Jaitley.

11. Di tahun 2005, Saif bersama para seleb Bollywood lainnya tampil dalam konser HELP! Telethon untuk menggalang dana bagi para korban tsunami India tahun 2004.

Komentar Anda