15 Fakta Menarik Tentang Jean-Claude Van Damme

Pecinta film laga mana yang tak mengenalnya. Jean-Claude Van Damme adalah bintang laga Hollywood era 90-an yang dikenal memiliki ketampanan dan teknik bela diri yang luar biasa. Pemilik tendangan melingkar ini dulunya merupakan atlet karate yang sangat berprestasi di daratan Eropa. Pria asal Belgia ini lantas hijrah ke Hollywood untuk mencoba peruntungannya di dunia film. Meski jalannya tak mulus, Van Damme pada akhirnya sukses menjadi sosok aktor laga yang dikagumi di seluruh dunia.

Jean-Claude Van Damme

Sosok Van Damme menyimpan banyak hal menarik untuk ditelisik, dan beberapa darinya akan kami bagikan pada Anda dalam tulisan ini.

1. Meski Van Damme merupakan sosok aktor laga dengan badan atletis, ketika masih remaja ia memiliki tubuh yang lemah. Karena itulah sang ayah memperkenalkan Van Damme pada dunia bela diri di usia 11 tahun.

2. Ketika masih remaja, Van Damme sudah mengukir banyak prestasi di bidang karate. Ia bergabung dengan tim karate Belgia, meraih sejumlah gelar, dan bahkan menghajar karateka terbaik kedua di Eropa. Sebelum memasuki dunia film, Van Damme juga terus berkompetisi dalam berbagai ajang bela diri dunia.

3. Ketika pindah ke Los Angeles, Van Damme mengambil kursus bahasa Inggris dan bekerja serabutan sebagai pengantar pizza, sopir limosin, dan lainnya. Ia kemudian berkenalan dengan aktor Chuck Norris, yang akhirnya memperkenalkannya pada dunia film.

4. Di awal karir, Van Damme tak terlalu bersinar untuk memikat siapapun. Namun ketika bekerja sebagai pelayan untuk tim produksi film Predator (1987), ia bertemu dengan seorang produser bernama Menahem Golan. Van Damme lantas memamerkan kemampuan bela dirinya, melakukan tendangan berputar tanpa menjatuhkan setetes pun sup dari mangkok yang dibawanya, yang akhirnya membawanya pada peran penting dalam film Bloodsport (1988). Meski proses pemfilman dan produksi sempat menemui banyak hambatan, bahkan ditangguhkan sampai dua tahun lamanya, film ini akhirnya menjadi box office di Amerika Serikat.

5. Adegan-adegan laga Van Damme sangat intens hingga ia tidak mau memfilmkannya di Amerika Serikat karena takut terkena tuntutan hukum.

6. Salah satu adegan yang membuat Van Damme dituntut adalah ketika ia sengaja mencongkel mata musuhnya (mata tambahan, properti film) dalam adegan pertarungan pedang di film Cyborg (1989).

7. Van Damme mengaku belajar berbicara dalam bahasa Inggris dari menonton serial kartun The Flintstones (1960).

8. Tak cuma belajar bela diri, Van Damme juga pernah belajar balet klasik selama lima tahun. Mungkin itu salah satu penyebab Van Damme memiliki keseimbangan dan kelenturan tubuh yang mengagumkan.

9. Van Damme pernah menjadi sparring partner Chuck Norris di awal 80-an. Chuck kemudian memberinya peran kecil dalam film Missing in Action (1984).

10. Van Damme adalah jawara kickboxing, dengan rekor 18-1-0. Kedelapan belas kemenangan itu diraihnya dengan cara knockout.

11. Van Damme pernah menolak tawaran bermain dalam tiga film dengan bayaran 12 juta dolar per film. Ia menginginkan 20 juta dolar, setara dengan bayaran Jim Carrey kala itu.

12. Van Damme mengerti bahasa Spanyol karena pernah memiliki pengasuh dari Spanyol ketika masih kanak-kanak. Namun ia tak bisa berbicara dalam bahasa Spanyol karena tak pernah mempelajarinya secara serius.

13. Aktor satu ini bernama asli Jean-Claude Van Varenberg. Ia mengambil nama ‘Van Damme’ dari nama teman ayahnya karena menganggap nama itu lebih singkat dan jelas ketimbang Van Varenberg.

14. Van Damme menyukai musik klasik dan mengidolakan Beethoven.

15. Van Damme pernah menderita depresi dan mood swing (perubahan mood yang cepat) yang membuatnya mencari pelarian ke dunia bela diri dan obat-obatan.

Komentar Anda