15 Fakta Unik di Balik Film Kung Fu Hustle (2004)

Kita pasti sudah sangat akrab dengan film laga komedi yang satu ini. Film Hong Kong-China tahun 2004 ini sudah berkali-kali ditayangkan di stasiun TV swasta kita dan selalu sukses menghibur pemirsa. Film yang disutradarai, diproduseri, sekaligus dibintangi Stephen Chow ini menceritakan sepak terjang seorang pria gelandangan dan pecundang bernama Sing yang begitu berhasrat menjadi seorang gangster.

Kung Fu Hustle

Sing sangat berharap bisa bergabung ke dalam kelompok gangster terkenal, Geng Kapak. Ia akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi anggota geng itu, dan tugas pertamanya sangat berat, yaitu membebaskan seorang legenda kung fu yang dijuluki Beast alias Iblis.

Berikut beberapa fakta menarik tentang film Kung Fu Hustle.

1. Dengan budget 20 juta dolar AS, Kung Fu Hustle sukses meraup keuntungan sebesar 101 juta dolar AS dan menjadi film Hong Kong terlaris sepanjang sejarah sebelum akhirnya dilampaui You Are the Apple of My Eye di tahun 2011.

2. Film ini dirilis ulang dalam bentuk 3D di Asia dan Amerika pada bulan Oktober 2014, atau bertepatan dengan ulang tahunnya yang kesepuluh.

3. Kung Fu Hustle juga mendapat banyak penghargaan, di antaranya lima penghargaan dalam ajang Golden Horse Awards dan enam penghargaan dalam ajang Hong Kong Film Awards.

4. Ada tiga adegan yang tak diarahkan Stephen Chow, salah satunya adegan pertarungan tiga master bela diri di Rumah Susun Kandang Babi yang diarahkan oleh Sammo Hung.

5. Geng Kapak yang ditampilkan dalam Kung Fu Hustle menyerupai geng yang muncul dalam film The Legend of Drunken Master (1994). Pakaian, senjata, dan pertarungan masal menjadi ciri khas kedua geng.

6. Stephen Chow mengaku terinspirasi untuk membuat film ini dari film-film bela diri yang ia tonton ketika kanak-kanak serta didorong ambisi masa kecilnya untuk menjadi ahli bela diri.

7. Rumah Susun Kandang Babi didesain sendiri oleh Stephen Chow. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa desain lokasi itu didasarkan pada kompleks apartemen padat di Hong Kong tempat ia tinggal dulu. Proses pendesainan ini memerlukan waktu empat bulan.

8. Banyak properti dan furnitur yang dipasang di rumah susun itu adalah barang-barang antik yang berasal dari berbagai tempat di China.

9. Yuen Wah, yang berperan sebagai tuan pemilik rumah susun, adalah aktor top jebolan akademi drama China yang juga pernah berperan sebagai stuntman Bruce Lee.

10. Yuen Qiu, pemeran nyonya pemilik rumah susun, sebenarnya tidak ikut audisi. Kala itu, ia mendampingi temannya ikut audisi sambil merokok dengan ekspresi sarkastik. Ia pun lantas ditawari peran dalam film. Jauh sebelumnya, Qiu pernah bermain dalam film James Bond di tahun 1974, The Man with the Golden Gun, pada usia 18 tahun.

11. Untuk mewujudkan karakter nyonya rusun sebagaimana dibayangkan Stephen Chow, Yuen Qiu menaikkan berat badannya dengan cara ngemil setiap malam.

12. Bruce Leung, aktor pemeran Iblis, adalah seniman beladiri idola Stephen Chow ketika kanak-kanak.

13. Stephen Chow menginginkan pemeran Fong, gadis bisu yang menjadi cinta masa kecil Sing, adalah aktris yang punya tampang lugu. Peran itu akhirnya didapatkan Huang Shengyi alias Eva Huang yang baru sekali itu bermain film. Ia mengalahkan 8.000 pesaing yang ingin mendapatkan peran tersebut.

14. Syuting dilaksanakan di Shanghai dari Juni 2003 sampai November 2003. Sekitar dua pertiga waktu syuting dihabiskan untuk memfilmkan adegan laga.

15. Kung Fu Hustle sebenarnya mengambil banyak rujukan dari berbagai film, kartun animasi, novel wuxia, dan sumber-sumber lainnya.

Komentar Anda