15 Pemain Sepak Bola Terkaya di Tahun 2015

Selain sebagai olahraga populer, tak bisa dipungkiri sepak bola juga merupakan industri yang sangat menggiurkan. Dengan jutaan fans sepak bola yang tersebar di seluruh dunia, berbagai sponsor terus berdatangan dan menggelontorkan uang yang tak main-main jumlahnya. Tak heran, gaji seorang pemain top bisa membelalakkan mata siapa saja. Dalam waktu relatif singkat, seorang pemain bintang bisa jadi kaya raya karena memang pesepak bola mendapat gaji di atas rata-rata atlet lainnya.

Pemain Bola Terkaya

Mau tahu siapa saja pemain terkaya di tahun 2015 ini? Berikut daftar pemainnya beserta taksiran jumlah total kekayaannya di tahun ini.

–O–

15. Yaya Toure (67,6 juta dolar AS)

Foto Yaya Toure

Pemain asal Pantai Gading ini adalah sosok tangguh di lini tengah Manchester City dan timnas Pantai Gading. Dengan postur tubuh 188 cm, Toure bagaikan tembok kokoh yang sukar dilewati para gelandang sekaligus penyerang lawan. Di masa muda, Toure sebenarnya sangat ingin menjadi seorang striker. Ketika berkarir, ia pernah menempati posisi bek tengah seperti kala berseragam Barcelona. Seiring waktu, Toure menemukan tempat terbaiknya: gelandang box-to-box.

14. Steven Gerrard (70 juta dolar AS)

Foto Steven Gerrard

Sebagai salah satu pemain terpenting Liverpool, Steven Gerrard adalah ruh bagi tim asal Inggris itu. Meski kini telah berseragam LA Galaxy, publik Anfield tetap tak bisa melupakan sosok karismatik ini. Gerrard adalah pemain serba bisa di lini tengah The Reds. Ia bisa beroperasi sebagai gelandang bertahan, gelandang serang, penyerang lubang, bek kanan, serta winger kanan. Gerrard dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik dunia dari generasinya.

13. Gianluigi Buffon (72 juta dolar AS)

Foto Gianluigi Buffon

Kiper termahal dunia ini telah memecahkan banyak rekor, termasuk rekor clean sheet terlama di Serie-A. Gigi Buffon bahkan dianggap oleh banyak kalangan sebagai kiper terbaik sepanjang masa. Penjaga gawang timnas Italia ini telah menarik banyak perhatian ketika masih membela Parma, dan karirnya semakin cemerlang di bawah mistar gawang Juventus. Meski usianya sudah terbilang tua, ketangguhan Buffon masih diandalkan Juve sampai saat ini.

12. Rio Ferdinand (78,5 juta dolar AS)

Rio Ferdinand

Pemain yang baru saja mengumumkan pensiunnya ini juga termasuk sebagai salah satu pesepak bola terkaya. Palang pintu The Three Lions ini sering disebut sebagai bek Inggris terbaik sepanjang masa. Ferdinand pernah membela beberapa klub Inggris, seperti West Ham dan Leeds, sebelum akhirnya ia menandatangani kontrak dengan Manchester United. Di Setan Merah, peran Ferdinand tak tergantikan. Ia menjadi andalan MU di lini pertahanan selama bertahun-tahun.

11. Bastian Schweinsteiger (82 juta dolar AS)

Bastian Schweinsteiger

Gelandang enerjik asal Jerman ini lama bersinar bersama Bayern Munich. Selama 13 musim membela FC Hollywood, Schweinsteiger telah tampil dalam lebih dari 500 pertandingan dan melesakkan 67 gol. Karirnya di tim nasional turut membawa Jerman menjadi jawara Piala Dunia 2014. Kecemerlangan Schweinsteiger membuat Manchester United terpikat dan mengikatnya. Schweinsteiger menjadi pemain Jerman pertama yang dipercaya MU menjadi pemain utama.

10. Frank Lampard (87 juta dolar AS)

Foto Frank Lampard

Peran Lampard selalu tak tergantikan di tim-tim yang dibelanya, mulai dari West Ham, Chelsea, hingga tim nasional Inggris. Pemain yang kini berseragam New York City FC ini adalah pemain dinamis yang sangat menguasai lapangan tengah. Umpan maupun tembakannya sangat mematikan, hingga banyak kalangan menyebutnya sebagai salah satu gelandang terbaik dunia dari generasinya. Lampard juga selalu dikenang sebagai salah satu pemain terbaik Chelsea.

9. Ronaldinho (90, 5 juta dolar AS)

Foto Ronaldinho

Ronaldinho adalah seniman lapangan hijau yang dianggap sebagai gelandang terbaik Brasil sepanjang masa. Sebagai pesepak bola, Ronaldinho punya segalanya, mulai dari dribbling, gocekan, tembakan, umpan, dan sebagainya. Ia juga punya tendangan bebas yang mematikan. Tiga tim Eropa yang pernah dibelanya, PSG, Barca, AC Milan, pernah merasakan sihirnya di lapangan. Ronaldinho sudah dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia.

8. Raul Gonzalez (93 juta dolar AS)

Foto Raul Gonzalez

Pangeran Real Madrid ini adalah striker terpenting yang dimiliki tim asal ibukota itu sekaligus menjadi aset paling berharga tim nasional Spanyol selama bertahun-tahun. Raul telah memecahkan berbagai rekor gol dan penampilan selama berkarir di Madrid dan timnas Spanyol. Berbagai gelar paling bergengsi pun sudah pernah ia rasakan. Selepas dari Madrid, Raul berpindah klub beberapa kali, mulai dari Schalke 04, Al Sadd, hingga New York Cosmos.

7. Samuel Eto’o (95 juta dolar AS)

Foto Samuel Eto’o

Jika menyebut daftar bomber paling berbahaya asal Afrika, nama Eto’o pasti ada di dalamnya. Penyerang andalan Kamerun ini memiliki sontekan yang menakutkan. Teknik, finishing, dan staminanya sangat mengagumkan. Tak heran, banyak klub Eropa yang begitu bernafsu meminangnya. Eto’o pernah berkostum Madrid di awal karirnya, tapi ia paling berjaya ketika berkostum rival Madrid, Barcelona. Eto’o juga sempat menjadi ujung tombak andalan Inter Milan.

6. Kaka (105 juta dolar AS)

Foto Kaka

Gelandang serang asal Brasil ini sangat bersinar ketika membela AC Milan. Ketika ditransfer dengan harga selangit ke Real Madrid, karir Kaka secara perlahan mulai meredup. Kaka memiliki tendangan jarak jauh yang menakutkan. Ia begitu kreatif dan terampil dalam mengolah bola di lapangan tengah. Kemampuan dribblingnya sangat efektif ketika tim melakukan serangan balik. Kaka juga pernah menjadi gelandang tak tergantikan di lini tengah timnas Brasil.

5. Wayne Rooney (112 juta dolar AS)

Foto Wayne Rooney

Sebelum direkrut MU, Rooney sudah memamerkan bakat besarnya di Everton. Dan sejak menghuni Old Trafford di tahun 2004, posisi Rooney di lini depan seolah tak tergantikan, demikian pula di barisan depan Inggris. Rooney pandai mencari peluang di depan gawang. Ia adalah tipikal striker enerjik dan kreatif yang tak hanya menunggu bola. Rooney memiliki sontekan keras dan bisa bermain di semua sektor penyerangan secara eksplosif.

4. Zlatan Ibrahimovic (114 juta dolar AS)

Foto Zlatan Ibrahimovic

Striker jangkung asal Swedia ini adalah teror di lini depan bagi tim lawan. Mulai dari Ajax, Juve, Inter, Barca, Milan, hingga PSG, Ibra selalu memberi kontribusi yang signifikan dalam bentuk gol-gol penting. Permainan Ibra sangat atraktif. Ia kerap mencetak gol secara akrobatik. Kaki dan kepalanya sama-sama kuatnya. Sampai saat ini, Ibra dianggap sebagai pemain terbaik yang pernah dimiliki Swedia sekaligus salah satu bomber paling berbahaya dalam satu dekade ini.

3. Neymar (135 juta dolar AS)

Foto Neymar

Pemuda asal Brasil ini melejit bagaikan roket menyusul kepindahannya dari Santos ke Barca. Tak terlalu susah bagi Neymar merebut posisi penyerangan Barca. Produktivitasnya sangat mengerikan bersama Barca. Di usia yang masih muda, Neymar bahkan sudah masuk dalam daftar lima besar pencetak gol terbanyak Brasil. Hal ini menunjukkan bahwa Neymar memiliki potensi raksasa untuk menjadi penyerang legendaris Brasil suatu saat nanti.

2. Lionel Messi (218 juta dolar AS)

Foto Lionel Messi

Tak heran bila ‘dewa sepak bola’ asal Argentina ini menghuni daftar ini. Gaji Messi di Barca sangat mencengangkan, tapi pria bertubuh mungil ini membayarnya tuntas dengan permainan yang istimewa. Messi adalah pemain yang komplit, bahkan selalu disebut sebagai pemain terbaik dunia. Ia punya skill individu jauh di atas rata-rata. Teknik Messi dalam mengolah si kulit bundar dan melawati kerumunan lawan bisa disebut sebagai yang terbaik saat ini.

1. Cristiano Ronaldo (230 juta dolar AS)

Foto Cristiano Ronaldo

Ronaldo adalah rival abadi Messi dalam segala hal, baik di dalam maupun di luar lapangan. Soal kekayaan, agaknya Messi harus mengakui bahwa penyerang asal Portugal ini masih jauh di atasnya. Tentu saja Real Madrid berani menggaji tinggi Ronaldo lantaran eks pemain MU ini sangat bisa diandalkan. Kaki dan kepala Ronaldo adalah senjata ampuh dalam merobek jala lawan, demikian pula kemampuan dribbling dan triknya; Ronaldo punya segala hal yang dibutuhkan setiap penyerang di dunia.

Komentar Anda