4 Cara Simpel dan Alami Agar Anda Tak Cepat Letih

Keletihan tentu pernah menghinggapi kita, terutama bagi Anda yang punya jadwal kegiatan cukup padat. Alih-alih mengonsumsi suplemen penambah energi dan sejenisnya, ada sejumlah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan energi dan mengusir lelah. Terlebih jika Anda kesulitan mencari waktu dan tempat yang pas untuk tidur sejenak, empat cara ini bisa coba Anda praktekkan tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping! Ini dia solusinya.

lelah

1. Jalan kaki

Jalan kaki bisa meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke seluruh tubuh, membuat Anda menjadi lebih terjaga dan fokus. Selain itu, studi telah membuktikan bahwa vitamin D, yang dapat diperoleh dari sinar matahari, membantu melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Karena itu, jika Anda merasa tingkat energi Anda sudah turun, cobalah berjalan kaki selama 10-15 menit di bawah sinar matahari sambil cuci mata.

2. Meditasi singkat

Stres menyedot energi Anda? Beri sejenak waktu pada pikiran Anda untuk bersantai dengan cara meditasi. Tutup mata, fokus pada napas, dan lenturkan setiap otot tubuh Anda. Kemudian, perlahan-lahan renggangkan setiap otot satu per satu. Pusatkan seluruh perhatian pada setiap otot yang Anda renggangkan. Lakukan ini tiga sampai lima kali sebelum membuka mata kembali. Jika Anda secara emosional masih merasa letih, cobalah lagi. Lakukan ini sebanyak yang Anda butuhkan sampai Anda merasa siap untuk kembali beraktivitas.

3. Olahraga setiap hari

Olahraga teratur meningkatkan level energi dan mengurangi kelelahan dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke jaringan tubuh. Ingat, penting untuk menjaga konsistensi. Pilih olahraga ringan kesukaan Anda dan lakukan dengan santai namun konsisten.

4. Tidur lebih awal

Yang satu ini terdengar paling mudah, tapi faktanya menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) satu dari tiga orang dewasa tidak mendapat cukup tidur setiap malam. Kurang tidur dapat mengacaukan produktivitas dan memori serta pastinya akan membuat Anda mengantuk sepanjang hari.

Komentar Anda