5 Hal yang Wajib Dihindari Saat Keramas atau Mencuci Rambut

Loading...

Salah satu cara menjaga kesehatan rambut tentu saja adalah dengan mencucinya atau keramas. Tapi yang jarang diketahui adalah terlalu sering keramas justru tidak sehat. Alih-alih makin bersih, rambut yang sering dicuci justru makin lepek. Karena itulah ahli kecantikan hanya menyarankan keramas maksimal tiga kali dalam seminggu agar kelembaban alami rambut tidak lenyap.

Wanita Bersampo

Nah, inilah lima hal penting lainnya yang sering diabaikan saat keramas.

1. Keramas pakai air hangat

Berendam di air hangat memang bikin rileks, tapi jangan sekali-kali mencuci rambut dengan air hangat pula. Suhu air yang tinggi bisa merusak setiap helai rambut, yang pada akhirnya akan menyebabkan kerontokan. Lebih baik pakailah air dingin untuk menjaga kelembaban rambut dan mempertahankan kesehatan jangka panjangnya.

2. Menggosok kulit kepala

Agar sampo bisa menjangkau dasar kepala dan akar rambut, orang biasanya akan menggosok-gosok kulit kepala. Sayang, seringkali mereka menggosoknya dengan keras, bahkan terkadang menggunakan kuku. Mulai sekarang, saat keramas pijatlah kulit kepala agar rambut tak banyak berguguran dan aliran darah makin lancar.

3. Salah sampo

Buang jauh-jauh kebiasaan ‘asal sampo.’ Sampo yang asal akan menjadi asal mula masalah rambut. Jika rambut Anda berketombe, pilihlah sampo yang formulanya sesuai dengan kebutuhan. Dan usahakan mencari produk sampo yang berlabel ‘hydrating’ agar kelembaban rambut terjaga dan mengaturnya pun jadi lebih mudah.

4. Malas pakai kondisioner

Kondisioner itu penting, tapi banyak orang malas memakainya karena memang agak ribet dan lama. Kondisioner mengandung banyak nutrisi untuk memperhalus tekstur kulit sekaligus menguatkannya. Pijat lembut rambut Anda dengan kondisioner dan pakailah shower cap selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

5. Salah dalam mengeringkan rambut

Bila keramas sudah selesai, maka pengeringan rambut adalah hal yang harus dilakukan berikutnya. Yang perlu diperhatikan lagi-lagi adalah jangan terlalu keras dalam menggosok-gosok rambut dengan handuk. Bila itu dilakukan, rambut patah dan rontok pasti terjadi. Hindari pula penggunaan hair dryer yang bisa membuat rambut rusak. Usap pelan-pelan dengan handuk lembut dan biarkan angin membantu mengeringkannya.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.