5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah Saat Belajar atau Bekerja

Tak sedikit dari kita yang sangat cepat merasa lelah dan lemah meski baru beberapa jam belajar atau bekerja. Yang lebih parah, ada orang yang merasa letih meski seharian ia tidak melakukan apa-apa. Masalah ini sebenarnya cukup serius karena stamina tubuh dan otak cepat terkuras ketika kita sedang beraktifitas. Tentunya hal ini begitu mengganggu, terutama bagi kita yang punya kegiatan padat dalam sehari. Apa sih penyebab kelelahan itu?

Tired

1. Kurang terkena paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari berpengaruh langsung pada ritme sirkadian Anda. Dalam sebuah jurnal kesehatan, disebutkan bahwa nocturnal melatonin akan cepat diproduksi ketika seseorang terkena sinar matahari sehingga kualitas tidur mereka di malam hari akan semakin meningkat. Efeknya jelas, jika tidur malam nyenyak, maka aktivitas di siang hari pun akan penuh stamina.

2. Sering mengonsumsi makanan olahan

Processed food atau makanan proses/olahan memiliki bermacam kandungan yang umumnya tidak baik untuk kesehatan dan berimbas buruk pada stamina Anda. Tak hanya mengganggu pencernaan, makanan instan semacam ini juga tidak bisa memberikan nutrisi dan energi yang cukup sehingga tubuh mudah lelah.

3. Kurang magnesium

Magnesium adalah zat pendongkrak stamina yang bisa dengan mudah diperoleh dari aneka sayuran hijau, termasuk kacang-kacangan dan buah alpukat. Sebaiknya hindari junk food atau makanan proses dan beralihlah mengonsumsi makanan kaya magnesium agar tubuh selalu bertenaga.

4. Bangun kurang pagi

Studi di Harvard tahun 2008 menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih pagi akan menjadi lebih aktif di pagi sampai siang hari. Sebaliknya, mereka yang bangun kesiangan justru kurang bertenaga dan cepat lelah. Udara pagi yang segar amat baik untuk meningkatkan gairah kerja Anda.

5. Jarang berolahraga

Di antara sekian banyak kerugian orang yang jarang berolahraga adalah tubuh menjadi kurang bugar dan gampang capek. Olahraga memang bikin capek, tapi itu justru bagus untuk metabolisme dan kebugaran. Jika dipadukan dengan tidur berkualitas, maka olahraga akan jadi senjata ampuh untuk melawan keletihan tanpa sebab.

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.