5 Tips Penting Ketika Membeli Rumah Second

Membeli rumah seken bisa gampang-gampang sulit, karena jika tak teliti, bisa jadi Anda akan kecewa belakangan. Bangunan lama yang tak dirawat dengan baik akan membutuhkan renovasi di sana sini, dan kita semua tahu ongkos untuk merenovasi rumah tidaklah murah. Karena itu, Anda perlu cermat dalam membeli hunian yang murah namun tetap nyaman. Dan setidaknya lima hal ini jangan sampai dilupakan ketika membeli rumah second.

Rumah Bagus

1. Tentukan kriteria

Sebelum menjatuhkan pilihan, tentukan dulu kriteria rumah idaman Anda. Berapa luas tanah dan bangunannya, ke mana hadapnya, berapa kamar tidurnya, bagaimana denahnya, dan apakah ada garasinya. Perhatikan pula akses rumah ke lokasi-lokasi penting seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Bermodal kriteria tersebut, Anda bisa mulai berburu rumah.

2. Hunting

Ada banyak cara dalam mencari rumah. Di Facebook bermunculan grup-grup jual beli rumah yang menjadi tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Jika pakai cara konservatif, Anda bisa menghubungi agen properti atau makelar untuk mencarikan rumah yang cocok untuk Anda. Tips lainnya, usahakan bakal rumah Anda dekat dengan tempat aktivitas harian Anda, seperti tempat kerja, karena dalam jangka panjang ini bisa menghemat pengeluaran.

3. Survei

Jika ada rumah yang cocok, agen properti atau makelar biasanya akan mengajak Anda menyurvei atau pergi langsung melihat-lihat kondisi rumah. Gunakan kesempatan ini untuk menilai segala sesuatu tentang rumah tersebut, baik dari kondisi fisik, akses jalan, keadaan lingkungan, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk bertanya pada agen properti tentang riwayat rumah tersebut.

4. Perhatikan bangunannya

Setelah mengecek kondisi sekitar, kini saatnya Anda melihat lebih dekat bagaimana struktur fisik rumah tersebut, mulai dari pondasi, lantai, dinding, sampai atap. Bangunan tua atau bekas biasanya mengalami kerusakan di beberapa titik, dan inilah yang harus Anda temukan. Perkirakan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaikinya. Jika perlu, bawalah teman atau kerabat yang ahli bangunan untuk menilai kondisi bakal rumah Anda.

5. Eliminasi

Ketika sudah ada beberapa pilihan rumah di tangan Anda, kini saatnya memilih dan mengeliminasi. Karena ini rumah second, maka pilihlah rumah yang paling sedikit membutuhkan renovasi. Mintalah bantuan tukang bangunan atau kontraktor untuk mengestimasi biaya renovasi rumah Anda.

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.