50 Fakta Menarik Film Animasi Frozen (2013)

Loading...

Frozen adalah film animasi 3D tahun 2013 yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film yang sangat populer di seluruh dunia ini menceritakan kisah kakak beradik Elsa dan Anna yang tinggal di kerajaan Arendelle. Elsa mempunyai kekuatan super yang sebenarnya juga merupakan kelemahannya, yaitu mampu membekukan segala benda.

Foto Animasi Frozen

Kekuatannya itu membuat kerajaannya terjebak dalam musim dingin yang hebat. Elsa yang panik akhirnya meninggalkan istana. Adik Elsa, Anna, berupaya mencari kakaknya untuk menghentikan ‘kutukan’ musim dingin itu. Anna pun menjalani petualangan seru ditemani seorang pria gunung bernama Kristoff dan rusanya, Sven, serta makhluk salju bernama Olaf.

Nah, dalam artikel ini kami akan menuliskan 50 fakta tentang film Frozen untuk kamu ketahui.

Check these out!

1. Hingga artikel ini dimuat, Frozen masih kokoh menyandang status sebagai film animasi terlaris sepanjang masa. Total keuntungan yang diraup film ini mencapai 1,2 milyar dolar AS. Menguntit di belakang Frozen adalah film Minions dan Toy Story 3, masing-masing dengan keuntungan 1,1 dan 1,06 milyar dolar AS.

2. Frozen sebenarnya masih memiliki banyak rekor terkait keuntungannya. Salah satu yang paling spektakuler adalah film ini duduk di peringkat kesembilan dalam daftar film terlaris sepanjang masa. Peringkat teratas masih dikuasai film Avatar.

3. Ketika Anna menyanyikan lagu “For The First Time in Forever,” gerbang istana terbuka dan kita bisa melihat dua karakter utama film Tangled, yaitu Rapunzel dan Eugene, berdiri di sana.

Loading...

4. Inspirasi utama film Frozen adalah dongeng The Snow Queen karya penulis legendaris Denmark, Hans Christian Andersen.

5. Nama-nama karakter utama Frozen, yaitu Hans, Kristoff, Anna, dan Sven, sebenarnya dirangkai dari nama Hans Christian Andersen. Jika kita mengucapkan nama-nama tersebut dengan cepat sesuai urutan di atas, maka kita bisa mendengar kemiripan pengucapannya dengan nama Hans Christian Andersen.

6. Menurut sutradara Jennifer Lee, dalam film ini Anna berusia 18 tahun, Elsa dan Kristoff berusia 21 tahun, sedangkan Hans berusia 23 tahun.

7. Ketika Elsa masuk dalam jajaran Putri Disney alias Disney Princess, ia menjadi putri pertama yang bukan remaja.

8. Suara Anna diisi oleh aktris dan penyanyi Amerika, Kristen Anne Bell. Ada tiga aktris lain yang mengisi suara Anna ketika ia berusia 5 dan 9 tahun.

9. Suara Elsa diisi oleh aktris dan penyanyi Amerika, Idina Menzel. Ada dua aktris lain yang mengisi suara Elsa ketika ia berusia 8 dan 12 tahun.

10. Elsa adalah karakter Disney kedua yang berstatus sebagai putri yang dicalonkan menjadi ratu dalam film. Karakter pertama yang melakukanya adalah Princess Kida dalam film Atlantis: The Lost Empire, meski upacara pengangkatannya terjadi di luar layar.

Foto Elsa Anna Kristoff Olaf Hans

11. Menurut aktor Josh Gad, suara Olaf sengaja ia improvisasi sendiri untuk membuat para produser tertawa.

12. Kesuksesan Frozen ditandai dengan puluhan penghargaan yang diraihnya. Yang paling mengesankan, film ini meraih dua piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature dan Best Original Song (“Let It Go”).

13. Frozen mengusung budget sangat besar, yaitu 150 juta dolar AS.

Loading...

14. Untuk membuat kastil Elsa, dibutuhkan sekitar 50 animator. Mereka memerlukan waktu sembilan bulan untuk menggarap kastil itu.

15. Dalam durasi 102 menit, film ini menampilkan adegan musikal selama 24 menit.

16. Dr. Kenneth Libbrecht, seorang profesor dari California Institute of Technology, diundang secara khusus untuk memberikan kuliah pada tim special effects mengenai proses pembentukan salju dan es.

17. Frozen adalah film animasi non-sekuel pertama yang berhasil melompati pendapatan 400 juta dolar AS sejak keberhasilan The Lion King (1994).

18. Pembuatan film Frozen membutuhkan sekitar 600 orang dalam waktu 2,5 tahun.

19. Frozen menjadi film animasi pertama yang berhasil menjual lebih dari 10 juta tiket di Korea Selatan.

20. Kerajaan Arendelle sebenarnya terinspirasi dari negara Norwegia.

Foto Elsa Anna Kristoff Sven

21. Seekor rusa hidup dibawa ke studio untuk dipelajari gerakan dan perilakunya oleh para animator untuk menciptakan karakter Sven.

22. Walt Disney Production sudah mengusung wacana untuk mengangkat karya-karya Hans Christian Andersen ke dalam film live action atau animasi sejak tahun 1937.

23. Disney sempat kesulitan untuk mengangkat kisah The Snow Queen ke dalam film. Selain sulit mengadaptasi dan menghadirkan kisahnya pada audiens modern, studio juga menganggap karakter Snow Queen problematik. Disney pun mengurungkan niatnya.

24. Setelah melalui tarik ulur yang panjang dan melelahkan, Disney yang mempertimbangkan kesuksesan film-film animasi mereka sebelumnya akhirnya mengumumkan pada November 2011 bahwa film baru berjudul Frozen akan dirilis pada tahun 2013.

25. Dalam film, lagu “Let It Go” dinyanyikan oleh Idina Menzel, pengisi suara Elsa. Sedangkan Demi Lovato membawakan versi singlenya.

26. Meski beberapa kali tampak berada dalam satu layar, Elsa dan Kristoff sebenarnya tak pernah berbicara satu sama lain.

27. Menurut sutradara Lee, dipilihnya Kristen Bell untuk mengisi suara Anna bermula ketika para pembuat film mendengarkan beberapa rekaman suara Bell yang direkam ketika ia masih kecil, yakni ketika ia membawakan beberapa lagu dalam film The Little Mermaid.

28. Kristen Bell mengisi suara Anna ketika ia tengah hamil. Beberapa dialog direkam kembali setelah bersalin karena suaranya yang terdengar semakin berat.

29. Aktris veteran Broadway dan pengisi suara Elsa, Idina Menzel, awalnya mengikuti audisi untuk mendapatkan peran dalam film Tangled, namun ia gagal.

30. Sutradara kasting, Jamie Sparer Roberts, menyimpan rekaman kasting Tangled di iPhone-nya. Ia kemudian meminta Idina bersama Bell mengikuti audisi Frozen.

Foto Elsa dan Anna

31. Pasangan penulis lagu Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez menulis lagu “Let It Go” hanya dalam waktu sehari.

32. Lagu “Let It Go” sangat booming. “Let It Go” memecahkan beberapa rekor musik pop, salah satunya menjadi lagu pertama dari film animasi musikal Disney yang masuk dalam jajaran top ten Billboard Hot 100.

33. Pada musim dingin 2013, banyak bagian wilayah Amerika Serikat yang mengalami musim dingin lebih dingin dari biasanya, sehingga banyak gurauan tercipta tentang kutukan kekuatan ajaib Elsa dan departemen pemasaran Disney.

34. Kalangan jurnalis menyebut kesuksesan film Frozen sebagai zaman kebangkitan Disney kedua alias Renaisans Disney kedua.

35. Frozen menjadi film pertama Walt Disney Animation Studios yang menjadi pemenang kategori Best Animated Feature dalam ajang prestisius Golden Globe.

36. Frozen telah menginspirasi banyak orang di dunia untuk menjadi cosplay Anna dan Elsa, atau dengan kata lain, berdandan ala Anna dan Elsa.

37. Beberapa selebriti Hollywood mengaku bahwa anaknya sangat terobsesi dengan film Frozen, seperti anak Ben Affleck, Amy Adams, Kevin Costner, dan Vince Vaughn.

38. Demam Frozen di tahun 2013 melanda anak-anak Amerika Serikat dan Inggris, di mana mereka selalu menyanyikan lagu-lagu Frozen di mana pun mereka berada, tak terkecuali di sekolah.

39. Pada bulan Januari 2014, CEO Disney Bob Iger mengumumkan bahwa Frozen akan diadaptasi ke panggung musikal Broadway.

40. Popularitas dahsyat film ini membuat Amerika Serikat dan beberapa negara lain mengalami kekurangan merchandise Frozen yang parah, sesuatu yang sangat jarang terjadi. Hal ini membuat harga jual pernak-pernik Frozen meningkat tajam.

Foto Elsa

41. Perusahaan penerbitan buku Random House mencatatkan penjualan buku-buku bertemakan Frozen sebanyak delapan juta eksemplar pada Agustus 2014.

42. Dialog Anna “Wait, what?” yang diucapkan ketika ia pertama kali bertemu Hans adalah buah improvisasi dari Kristen Bell.

43. Sebelum memulai pembuatan film, kru produksi Frozen pergi berlibur ke Norwegia selama dua minggu. Sebagaimana disebutkan di atas, Norwegia adalah inspirasi utama Arendelle.

44. Kastil Arendelle didasarkan pada benteng Akershus di Oslo, kota kecil Arendelle didasarkan pada Bryggen di kota Bergen, dan pemandangan di sekitar Arendelle mirip dengan Nærøyfjord di Norwegia.

45. Troll, makhluk-makhluk unik yang menjadi sahabat sekaligus keluarga Kristoff, adalah salah makhluk mitos Norwegia.

46. Selama 16 minggu berturut-turut, Frozen merajai bioskop-bioskop Jepang. Frozen mengalahkan rekor film Spirited Away sebagai film animasi terlaris di Jepang serta menjadi film terlaris kedua di Jepang setelah Titanic.

47. Untuk lagu “Do You Want to Build a Snowman?,” tiga aktris masing-masing menyumbangkan suaranya untuk Anna, yaitu Katie Lopez sebagai Anna kecil, Agatha Lee Monn sebagai Anna remaja, serta Kristen Bell sebagai Anna.

48. Ada satu lagu yang dihapus dalam film ini, yaitu “Spring Pageant” yang dibawakan oleh Katie Lopez dan saudaranya, Annie, beserta orangtua mereka.

49. Jennifer Lee menjadi sutradara wanita pertama yang menyutradarai film animasi Disney sekaligus wanita kedua yang menulis seluruh skenario untuk film animasi Disney setelah Linda Woolverton dalam film Beauty and the Beast (1991).

50. Monster salju raksasa yang diciptakan Elsa awalnya didesain untuk menjadi Olaf versi raksasa. Namun akhirnya diputuskan bahwa monster ini dibuat tampak dungu meski tetap lucu.

Nah, itulah berbagai trivia atau hal menarik yang bisa kami hadirkan. Sebenarnya masih banyak fakta-fakta unik tentang film Frozen, namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, kami putuskan untuk menyudahinya. Oh ya, kamu juga bisa menambahkan berbagai fakta unik lainnya di kolom komentar. Just let it go…

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.