7 Artis dan Grup K-Pop yang Mempopulerkan Agensi Mereka

Agensi hiburan dan artis adalah dua pihak yang bekerjasama dan saling mendukung di dunia showbiz. Walau dalam kenyataannya terkadang agensi dan artis tak sejalan, ada beberapa cerita di masa lalu tentang bagaimana agensi sukses meroketkan seorang artis atau sebaliknya: artis yang membawa agensi mereka menjadi sebesar sekarang. Kisah-kisah menarik dari dunia hiburan Korea ini kami hadirkan untuk kalian semua.

1. BoA

Foto Cantik Boa

SM Entertainment dulunya bukanlah apa-apa sebelum penyanyi cantik BoA melakukan debut di Korea Selatan pada tahun 2000 dan langsung menyerang pasar Jepang sesudahnya. Situasi SM saat itu tak terlalu bagus karena  H.O.T dan S.E.S bubar, sementara Shinhwa pindah agensi, alhasil SM hanya mengandalkan BoA yang kemudian mendapat julukan sebagai Bintang Asia dan membantu SM merambah pasar internasional.

2. BIGBANG

Foto Keren BIGBANG

Sebelum ada BIGBANG, YG Entertainment memang sudah cukup sukses dengan Se7en, tapi berkat BIGBANG-lah YG bisa meledak dan masuk The Big Three. BIGBANG menjadi ikon boyband K-Pop yang sangat berpengaruh di dalam maupun luar negeri. Tanpa BIGBANG, YG diyakini takkan bisa sebesar sekarang.

3. IU

Foto Cantik IU

Alasan kenapa JYP sangat menyesal menolak IU adalah karena penyanyi-aktris cantik ini kini sukses luar biasa. IU diterima masuk LOEN Entertainment dan mengantar agensi itu menjadi salah satu agensi yang diperhitungkan. Sebagai artis papan atas, IU adalah penghasil uang utama untuk LOEN sampai sekarang.

4. BTS

BTS

Tak ada cerita paling mengesankan selain BTS, grup dari agensi gurem Big Hit Entertainment yang kini menjadi salah satu boyband terpopuler sedunia. BTS bahkan sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional. Sebelum BTS lahir, Big Hit bahkan tak punya gedung. Kesuksesan BTS telah mengubah peta persaingan agensi dan grup idol.

5. INFINITE

Foto Keren INFINITE

Woollim Entertainment adalah agensi kelas menengah yang pernah menaungi Epik High dan Nell. Tapi berkat INFINITE yang debut di tahun 2010, perusahaan ini bisa berkembang dan berani melahirkan grup-grup baru, salah satunya Lovelyz. Kini Woollim tengah membesarkan grup terbaru lagi, Golden Child.

6. GFRIEND

Foto Cantik GFRIEND

Mengusung konsep cute dan girly, GFRIEND yang dibentuk Source Music pada tahun 2015 langsung merebut pasar dan bahkan mendapat beberapa penghargaan rookie. Meski berasal dari agensi kecil, momen debut GFRIEND yang sukses telah mempermulus jalan mereka sampai sekarang. Source Music sendiri didirikan oleh mantan manajer Shinhwa.

7. MAMAMOO

Mamamoo

Sebelum MAMAMOO terbentuk, tak ada orang yang mendengar nama agensi Rainbow Bridge World (RBW). Label yang didirikan pada tahun 2010 ini menaungi beberapa grup, tapi tak ada yang sebesar MAMAMOO. MAMAMOO debut pada tahun 2014 dan dianggap sebagai salah satu debutan terbaik oleh para kritikus yang memuji konsep dan vokal mereka.

Komentarmu