7 Artis K-Pop yang Pernah Bermasalah dengan SM Entertainment

Loading...

Sebagai salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment telah melahirkan bakat di banyak bidang, khususnya musik. Kita tahu SM adalah rumah bagi banyak grup idol papan atas macam Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, EXO, Red Velvet, dan lainnya. Dan di sepanjang perjalanannya, SM yang dikenal punya sistem sangat ketat ini telah terlibat berbagai masalah hukum dengan sejumlah artisnya.

Di bawah ini adalah tujuh artis terkenal yang pernah terlibat sengketa dengan SM Entertainment.

1. JYJ (TVXQ)

Foto Keren Member TVXQ

TVXQ adalah grup idol andalan SM yang beranggotakan U-Know Yunho, Max Changmin, Kim Jaejoong, Park Yoochun, dan Kim Junsu. Pada bulan Juli 2009, tiga member yang disebut terakhir sepakat memperkarakan SM karena kontrak mereka dianggap merugikan. Ketiganya merasa kontrak selama 13 tahun terlalu panjang dan penghasilan grup tidak dibagikan merata pada member. Parahnya, dalam kontrak tertera bahwa member tidak bisa keluar kecuali mau didenda lebih dari 11 miliar won.

Pertarungan hukum antara TVXQ vs SM berlangsung sengit hingga saham SM sempat anjlok. Di samping itu ratusan ribu fans TVXQ melayangkan petisi soal kontrak member dan meminta kompensasi karena pembatalan konser. Pengadilan akhirnya memenangkan TVXQ dan ketiga member tersebut kembali ke dunia hiburan dengan nama baru, JYJ, dan berada di bawah agensi C-JeS Entertainment.

2. Han Geng

Foto Han Geng eks SuJu

Lima bulan setelah TVXQ membawa kasus mereka ke ranah hukum, member Super Junior asal China, Han Geng, juga menuntut agensinya karena pembagian penghasilan yang tidak adil. Han Geng mempermasalahkan kontrak 13 tahun yang tidak bisa direvisi ataupun diakhiri. Kasus ini berakhir dengan keluarnya Han Geng dari SuJu karena kedua belah pihak sudah mencapai kesepahaman.

3. Kris Wu

Foto Kris Wu eks EXO

Hampir lima tahun SM adem ayem pasca kasus TVXQ dan Han Geng, goncangan besar menimpa EXO di pertengahan tahun 2014. Leader mereka yang berasal dari China, Kris Wu, mengunggat SM untuk menghentikan kontraknya karena dia merasa perusahaan ini telah memperlakukannya seperti mesin dan menjadikannya objek kekuasaan, bukan sebagai seorang entertainer. Kris keluar dari EXO di bulan yang sama dengan gugatan hukumnya. Dua tahun setelah kasus itu, Kris resmi berpisah dengan EXO meski kontraknya masih valid hingga 2022.

Loading...

4. Jessica Jung

Foto Jessica Jung eks SNSD

Baru beberapa bulan Kris bersengketa dengan SM, giliran member Girls’ Generation, Jessica Jung, yang tiba-tiba mengumumkan keluar dari girlbandnya. Bukan masalah kontrak, dia mengklaim dirinya sengaja didorong keluar dari grupnya. Jessica mengaku terkejut karena jelang pertemuan fans dia diberitahu bahwa dirinya sudah bukan member lagi.

Hingga saat ini tak ada kejelasan tentang alasan pasti keluarnya Jessica. Ada yang berpendapat itu karena bisnis fashion pribadinya, ada yang bilang itu karena pembullyan member lain kepadanya. Yang pasti, saham SM jeblok dan merugi miliaran won karena kasus ini. Jessica resmi pecah kongsi dengan SM pada 6 Agustus 2015.

5. Lu Han

Foto Lu Han eks EXO

EXO kembali didera masalah berat karena member asal China lainnya, Lu Han, meminta pembatalan kontraknya dan keluar dari grup, hanya empat bulan setelah kasus Kris. Tuntutan Lu Han berisi klaim bahwa SM lebih mengutamakan EXO-K ketimbang EXO-M. Setelah kabar ini ramai diberitakan, saham SM kembali anjlok. Lu Han resmi keluar dari SM pada 21 Juli 2016.

6. No Min-woo

Foto Aktor No Min-woo

Tak hanya idol, aktor pun juga berurusan hukum dengan SM. No Min-woo, mantan member TRAX yang juga menjadi aktor, menggugat agensinya karena kontrak gila selama 17 tahun lamanya. Min-woo menyebut SM menghambat karirnya setelah dia keluar dari perusahaan itu dan menuntut ganti rugi sebesar 100 juta won. Sayangnya dia kalah di pengadilan pada tanggal 21 Juli 2016.

7. Huang Zitao

Foto Huang Zitao eks EXO

Tao melengkapi dua member EXO-M yang keluar sebelumnya karena dia juga menuntut untuk keluar dari grup pada Agustus 2015. Dia diwakili oleh tim hukum yang pernah menangani kasus Kris dan Lu Han. Pada Januari 2016, SM memenangkan salah satu gugatan balik mereka pada Tao dan mereka menuntut balik Tao karena gagal mengganti rugi perusahaan setelah dia keluar.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.