7 Fakta Menarik di Balik Film Snowden (2016)

Snowden adalah film thriller politik biografis yang digarap oleh sutradara Oliver Stone dan naskahnya dikerjakan oleh Stone bersama Kieran Fitzgerald. Joseph Gordon-Levitt dan Shailene Woodley diplot menjadi pemeran utama dalam film yang mengangkat kisah hidup Edward Snowden, seorang profesional komputer yang membocorkan informasi-informasi rahasia Amerika Serikat dari NSA. Tindakan Snowden ini membuatnya menjadi buronan besar Amerika Serikat, meski di satu sisi ia dipuja berkat keberaniannya membongkar kebusukan pemerintah AS. Berikut tujuh fakta menarik tentang film Snowden.

Snowden

1. Oliver Stone sempat mengunjungi Edward Snowden asli setelah syuting usai dan menunjukkan padanya potongan dari film ini.

2. Nicolas Cage pernah membintangi film Oliver Stone, World Trade Center, di tahun 2006 silam. Karena itulah ia bersedia tampil dengan peran kecil di sini demi menyenangkan Stone.

3. Shailene Woodley dikasting menjadi pemeran Lindsay Mills saat ia berulang tahun yang ke-23. Ia pun mempelajari tari tiang demi perannya itu.

4. Margot Robbie pernah ditawari peran sebagai Lindsay Mills, tapi ia tak bisa menerimanya karena bentrokan jadwal.

5. Saat pertama didekati untuk menggarap film ini, Oliver Stone merasa ragu karena saat itu ia juga sedang mengerjakan proyek film tentang tahun-tahun terakhir kehidupan Martin Luther King Jr. yang kemungkinan akan dibintangi Jamie Foxx.

6. Dua buku yang menjadi rujukan utama film ini adalah The Snowden Files karya Luke Harding dan Time of the Octopus karya Anatoly Kucherena.

7. Di masa pra-produksi, masalah muncul karena tak ada perusahaan yang berafiliasi dengan Amerika Serikat yang bersedia mendanai film ini dan tak ada studio yang siap mengerjakannya. Hal ini begitu menyulitkan Oliver Stone yang harus mendanai segala hal bersama produser. Pendanaan akhirnya datang dari Perancis dan Jerman dan film ini pun melakukan syutingnya di Jerman sebagai produksi Jerman. Budget yang diusung cukup kecil, yaitu 40 juta dolar AS.

Komentar Anda