7 Fakta Mengenai Film Deewana (1992)

Deewana adalah film laga musikal romantis Bollywood yang dibintangi oleh Rishi Kapoor, Divya Bharti, dan Shah Rukh Khan. Film garapan Raj Kanwar ini memiliki catatan tersendiri karena menjadi film debut raja Bollywood, SRK. Film ini menceritakan lika-liku kehidupan seorang wanita bernama Kajal yang menikah dengan penyanyi kenamaan bernama Ravi. Pernikahan ini hancur lantaran keserakahan dari keluarga Ravi. Ravi pun kemudian dibunuh dan Kajal menjadi janda hingga suatu hari ia bertemu Raja.

Deewana

Berikut sejumlah fakta tentang Deewana.

1. Di film debutnya ini, Shah Rukh Khan hanya muncul di paruh kedua film. Ia menggantikan posisi Armaan Kohli yang keluar dari proyek karena perbedaan idealisme dengan sineas.

2. Sebenarnya film debut Shah Rukh Khan adalah Dil Aashna Hai, namun Deewana ternyata rilis terlebih dahulu.

3. Sunny Deol adalah pilihan utama untuk memerankan karakter Raja Sahai, akan tetapi ia menolak dan Dharmendra merekomendasikan si pendatang baru Shah Rukh Khan pada produser Guddu Dhanoa.

4. Madhuri Dixit sempat dibidik untuk memerankan karakter utama Kajal yang akhirnya didapatkan Divya Bharti.

5. Deewana dinobatkan sebagai film blockbuster oleh Box Office India dengan torehan keuntungan 170 juta rupee. Deewana duduk di peringkat kedua setelah Beta sebagai film terlaris di tahun 1992.

6. Lima penghargaan Filmfare Awards digondol film ini, dua di antaranya untuk Shah Rukh Khan dan Divya Bharti.

7. Wacana untuk membuat sekuel film ini sudah direncanakan dan sutradara yang akan menungkanginya akan berbeda. Komposer Nadeem-Shravan juga dikabarkan akan kembali menangani musik film ini.

Komentar Anda