7 Fakta Seru di Balik Film Neerja (2016)

Neerja adalah film India bergenre thriller biografis yang dibintangi oleh Sonam Kapoor dan didampingi beberapa nama lain, seperti Shabana Azmi, Yogendra Tiku, serta Shekhar Ravjiani. Film yang dibesut Ram Madhvani ini menceritakan kisah heroik seorang gadis berumur 22 tahun, Neerja Bhanot. Ia berprofesi sebagai petugas penerbangan dan suatu hari pesawat yang ia tumpangi, Pan Am 73, dibajak kelompok teroris. Neerja mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan ratusan penumpang Pan Am 73. Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 5 September 1986 saat pesawat itu dibajak di Karachi, Pakistan, oleh Organisasi Abu Nidal.

Poster Neerja

Berikut fakta-fakta tentang film Neerja.

1. Film yang dirilis pada 19 Februari 2016 ini menuai kesuksesan besar. Dibuat dengan budget 200 juta rupee, Neerja sanggup meraup keuntungan hingga 1,35 miliar rupee.

2. Ketika Rama, ibu Neerja Bhanot yang asli, bertemu dengan Sonam Kapoor, hal pertama yang ia katakan pada putri Anil Kapoor itu adalah, “Putriku lebih cantik.”

3. Nupoor Abrol, salah satu petugas penerbangan di pesawat naas itu, menyatakan bahwa pembuat film Neerja memberikan penekanan yang berlebihan pada karakter Neerja karena menurutnya ada beberapa orang lain yang juga berjasa dalam insiden itu, bukan hanya Neerja.

4. Awalnya produser menginginkan Kangana Ranaut untuk memerankan Neerja, kemudian mereka mengubah pikiran dengan membidik aktris yang lebih besar, Katrina Kaif. Namun sutradara tetap bersikukuh memasang Sonam Kapoor.

5. Pemerintah Maharashtra dan Madhya Pradesh di India mengumumkan bahwa film Neerja dibebaskan dari pajak. Namun film biopik ini justru dilarang di Pakistan.

6. Neerja adalah film kedua sutradara Ram Madhvani setelah film debutnya di tahun 2002, Let’s Talk.

7. Pesawat yang dipakai syuting film ini adalah pesawat modern, yakni Boeing 747, bukan pesawat Boeing 747-121 yang dibajak di tahun 1986.

Komentar Anda