7 Fakta Unik Mengenai Film Pardes (1997)


Pardes adalah film drama musikal Bollywood tahun 1997 yang dibintangi Shah Rukh Khan, Amrish Puri, Alok Nath, serta para pendatang baru seperti Mahima Chaudhry dan Apurva Agnihotri. Film garapan Subhash Ghai ini menuai kesuksesan secara komersial, kritis, dan musikal. Pardes menceritakan kehidupan orang India di Amerika yang sudah terwesternisasi. Semua bermula ketika seorang pengusaha India kaya yang lama menetap di Amerika, Kishorilal, mengunjungi sahabatnya di India, Suraj Dev. Kishorilal melihat putri Suraj, Ganga, yang begitu menarik dan sangat ‘India.’ Kishorilal pun bermaksud menjodohkan Ganga dengan putranya yang kebarat-baratan, Rajiv.

Pardes

Berikut fakta menarik tentang film Pardes.

1. Pardes dibuat dengan anggaran sebesar 100 juta rupee dan berhasil mendapatkan keuntungan sekitar 410 juta rupee.

2. Film berdurasi 191 menit ini sangat populer hingga diremake ke dalam bahasa Telugu dengan judul Pelli Kanuka pada tahun 1998.

3. Pemeran Ganga, Mahima Chaudary, melakukan debut keaktrisannya lewat film ini dan sukses menyabet penghargaan sebagai debutan terbaik di ajang Filmfare Award.

4. Lagu-lagu film ini seperti “I Love My India”, “Do Dil Mil Rahe Hai”, “Meri Mehbooba”, dan “Yeh Dil Dewaana” begitu populer dan tetap dimainkan sampai saat ini.

5. Karakter Ganga sebenarnya ditulis untuk Madhuri Dixit, namun Madhuri sedang bermasalah dengan sutradara sekaligus produser dan penulis naskah, Subhash Ghai, ketika mereka bekerjasama menggarap film Khalnayak.

6. Juhi Chawla sempat dipertimbangkan mengisi peran sebagai Ganga, namun Subhash Ghai begitu terkesan dengan Mahima Chaudary sehingga peran itu pun diberikan padanya.

7. Subhash Ghai mengubah nama depan Mahima Chaudary dari Ritu menjadi Mahima karena huruf “M” adalah huruf keberuntungan bagi para debutan di film Subhash, seperti Madhuri Dixit, Manisha Koirala, dan Meenakshi Sheshadri.

Komentar Anda