7 Fakta Unik Seputar Film Paheli (2005)

Paheli adalah film fantasi Bollywood yang merupakan remake dari film India tahun 1973, Duvidha. Film ini diproduseri oleh istri Shah Rukh Khan, Gauri Khan, yang berada di bawah naungan perusahaan mereka, Red Chillies Entertainment. Paheli mengusung banyak bintang, mulai dari SRK, Rani Mukerji, Juhi Chawla, Anupam Kher, Amitabh Bachchan, Sunil Shetty, dan lainnya. Film ini berkisah tentang Kishan, seorang pria yang baru menikahi gadis bernama Lachchi, namun segera meninggalkannya untuk berbisnis di tempat yang jauh. Anehnya, keesokan harinya Kishan datang kembali pada Lachchi. Yang tak diketahui, ‘Kishan’ yang satu ini sebenarnya adalah hantu.

Paheli

Berikut fakta-fakta tentang film Paheli.

1. Paheli dibuat dengan budget 140 juta rupee dan menghasilkan keuntungan hingga 320 juta rupee.

2. Film ini dibuka di ajang Festival Film Internasional Zimbabwe ke-9 dan juga diskrining di ajang Festival Film Sundance dan Festival Film Internasional Palm Springs.

3. Gurun Rajasthan awalnya akan dibuat secara CGI sehingga menjadikan Paheli sebagai film India pertama yang menggunakan background CGI. Namun sayangnya teknik itu terlalu mahal sehingga gurun buatan pun diciptakan.

4. Secara keseluruhan, Paheli disyuting selama 47 hari.

5. Paheli terpilih secara resmi untuk mewakili India dalam ajang Oscar, menyamai prestasi Swades dan Black.

6. Perusahaan Tanishq Jewellers mendesain perhiasan yang digunakan di film ini dan menekankan hal itu dalam setiap iklan mereka.

7. Di ajang National Film Awards, hanya penyanyi playback Shreya Ghoshal yang berhasil mendapatkan penghargaan, sementara di ajang Filmfare Awards, Paheli hanya mencatatkan dua nominasi, semuanya dari sektor musik.

Komentar Anda