9 Fakta Menarik Tentang Film Aśoka (2001)


Aśoka adalah sebuah film epos Bollywood yang untuk pertama kalinya menduetkan pasangan Shah Rukh Khan dengan Kareena Kapoor. Mereka berdua ditemani oleh Ajith Kumar, Danny Denzongpa, dan Hrishita Bhatt dalam film yang diproduksi sendiri oleh SRK dan Juhi Chawla serta Radhika Sangoi ini. Aśoka secara garis besar berisikan dramatisasi kehidupan kaisar Asoka dari dinasti Maurya, yang pernah menguasai sub-benua India pada abad ke-3 SM. Aśoka mendapat banyak pujian atas penggarapannya yang bagus.

Asoka

Berikut fakta-fakta mengenai Aśoka.

1. Aśoka adalah film pertama Shah Rukh Khan yang dirilis secara global untuk penonton internasional.

2. Film berdurasi 171 menit ini juga diskrining di Amerika Utara dan Inggris Raya serta terpilih untuk ditampilkan di Festival Film Venice dan Festival Film Internasional Toronto.

3. Meski mendapat banyak pujian, ironisnya Aśoka justru tak bisa memuaskan kritikus dan pemirsa India sendiri sehingga gagal di box office.

4. Beberapa penghargaan diraih Aśoka, antara lain empat nominasi Filmfare, tujuh piala Zee Cine Award, enam piala Star Screen Awards, termasuk Film Terbaik dan Aktris Terbaik untuk Kareena Kapoor.

5. Sebuah lagu yang menampilkan Johnny Lever dihapus dari film ini.

6. Aśoka sudah pernah akan dibuat pada tahun 1979 di mana ribuan orang melamar untuk mendapatkan peran utama. Jackie Shroff mengirim fotonya dan memenangkan peran itu, namun film itu sendiri justru ditangguhkan.

7. Shah Rukh Khan dan Kareena Kapoor harus berlatih pertarungan pedang untuk peran mereka.

8. Shah Rukh Khan sebenarnya menginginkan Aishwarya Rai Bachchan untuk tampil memerankan putri Kaurwaki, namun sutradara Santosh Sivan ingin mengkasting aktris yang belum pernah berduet dengan SRK. SRK juga merekomendasikan Sushmita Sen untuk tampil sebagai penari dan penyanyi di bar.

9. Santosh Sivan pertama kali mengutarakan idenya untuk membuat film Aśoka ketika Shah Rukh Khan sedang syuting lagu “Chaiyya Chaiyya” di film Dil Se.

Komentar Anda