9 Fakta Paling Unik Tentang Film Baazigar (1993)

Baazigar adalah film thriller kriminal Bollywood tahun 1993 yang menjadi film pertama pasangan ‘emas’ Shah Rukh Khan dan Kajol. Film yang dirilis pada tahun 1993 ini menuai banyak kesuksesan, baik dari segi komersial maupun kritis. Baazigar menampilkan SRK sebagai karakter jahat untuk pertama kalinya. Ia mengusung sebuah niat untuk membalas dendam pada keluarga kaya Madan Chopra yang telah menyebabkan keluarganya hancur di masa lalu. Dalam film berdurasi 182 menit ini, SRK berperan ganda, yakni sebagai Ajay Sharma sekaligus Vicky Malhotra.

Baazigar

Nah, kini saatnya kami tampilkan sembilan fakta menarik tentang film ini.

1. Film ini sempat membuat publik India kaget dengan tingkat kekerasannya yang berbeda dengan formula Bollywood pada saat itu. Plot pembunuhan karakter utama wanita memicu kontroversi penonton, meski di sisi lain juga mendatangkan keuntungan besar di box office.

2. Akshay Kumar ditawari peran utama dalam film ini, namun ia menolak karena menurutnya film ini mengandung banyak negativitas. Tak cuma Akshay, beberapa aktor top lainnya seperti Arbaaz Khan, Anil Kapoor, dan Salman Khan juga menolak dengan alasan yang sama.

3. Baazigar menjadi film yang melejitkan nama Shah Rukh Khan sekaligus Kajol serta menjadi film pertama Shilpa Shetty, pemeran Seema Chopra.

4. Sutradara Abbas-Mustan awalnya ingin agar aktris kawakan Sridevi memainkan peran ganda, namun kemudian ia lebih memilih muka-muka baru seperti Kajol dan Shilpa Shetty. Hal ini lantaran penonton takkan bisa menerima kenyataan bahwa aktor baru seperti Shah Rukh Khan memerankan penjahat dan membunuh aktris papan atas, Sridevi.

5. Film ini sebenarnya terinspirasi dari film Hollywood tahun 1956 dan 1991, A Kiss Before Dying.

6. Baazigar sukses menyabet empat penghargaan di ajang Filmfare Awards, salah satunya diraih Shah Rukh Khan sebagai Aktor Terbaik.

7. Lagu-lagu dalam film Baazigar digarap oleh Anu Malik, yang juga meraih penghargaan di Filmfare Awards. Salah satu lagunya, “Yeh Kaali Kaali Aankhein,” begitu populer hingga penyanyinya, Kumar Sanu, berhasil menang di Filmfare Awards sebanyak empat kali berturut-turut.

8. Karena kesuksesan komersialnya, Baazigar menjadi film India terlaris keempat di tahun 1993.

9. Baazigar diremake tiga kali, yakni dalam bahasa Telugu (Vetagadu), Tamil (Samrat), dan Kannada (Nagarahavu).

Komentar Anda