9 Momen Kesuksesan dalam Perjalanan Karir GFRIEND di Dunia K-Pop

Foto Terbaru GFRIEND

Di dunia K-Pop yang keras, banyak grup idol yang tak bisa bertahan lama. Tapi GFRIEND yang dibentuk Source Music pada tahun 2015 ini mampu bertahan selama sekitar tiga tahun dan masih akan terus berkiprah lebih lama lagi. Mereka menuai popularitas berkat vokal yang bagus serta koreografi yang elegan. Kini mereka telah menjadi salah satu girlband terbaik yang eksis di ranah K-Pop.

Foto Terbaru GFRIEND

Berikut adalah catatan perjalanan karir G-FRIEND yang menandai titik kesuksesan mereka.

1. Penghargaan Best New Female Artist

GFRIEND Best New Female Artist

Pada tanggal 15 Januari 2015, GFRIEND memasuki panggung K-Pop dengan modal lagu “Glass Bead” dari mini album pertama, Season of Glass. Debut ini begitu sukses hingga mereka mampu memenangkan penghargaan besar pertama mereka, Best New Female Artist, dari Melon Music Awards 2015. Penghargaan ini penting dalam karir sebuah girlband rookie karena menjadi tolak ukur seberapa besar pengaruh mereka di industri. GFRIEND semakin diperhitungkan setelah di tahun 2016 mereka meraih lebih banyak penghargaan prestisius lainnya.

2. Double 100 Million Streamers

GFRIEND Double 100 Million Streamers

“Me Gustas Tu” adalah lagu pertama GFRIEND yang mampu menguasai chart musik. Lagu ini memuncaki chart real-time di Mnet dan Olleh Music serta masuk dalam daftar teratas di chart-chart musik lainnya. Lagu ini kemudian secara impresif melampaui angka 100 juta streaming di Gaon Charts. Lagu berikutnya, “Rough,” juga mencatatkan pencapaian yang sama sehingga GFRIEND pun mendapat gelar “Double 100 Million Streamers.”

3. Kemenangan pertama di acara musik

GFRIEND The Show

Setiap kemenangan pertama itu penting bagi semua artis K-Pop, termasuk di acara musik. Sekitar setahun setelah debut, GFRIEND membawa pulang penghargaan dari acara musik untuk pertama kalinya di acara The Show dengan lagu comeback “Rough” yang total telah meraih 15 kemenangan di acara-acara musik. Ini adalah rekor tersendiri bagi GFRIEND dan lagu mereka yang lainnya, “Navillera,” ada di urutan kedua. Total mereka sudah mengumpulkan 37 penghargaan sejauh ini.

4. All-Kill pertama

GFRIEND ALL KILL

Lagu-lagu GFRIEND biasa berseliweran di berbagai chart musik mulai dari single “Glass Bead.” Melalui mini album comeback mereka, Snowflake, GFRIEND memperoleh status All-Kill dengan lagu “Rough” di berbagai chart musik online Korea setelah dirilis. Hebatnya lagi, lagu itu memuncaki chart Melon selama 416 jam lamanya.

5. Penghargaan dance pertama

GFRIEND Dance Performance Awards

Sebanyak 21 penghargaan dan 64 nominasi sudah dikumpulkan GFRIEND sejauh ini, menunjukkan betapa besar pengaruh mereka di industri. Di antara berbagai penghargaan itu, mereka juga mendapatkan apresiasi berkat dance powerful mereka di lagu “Rough.” Berturut-turut mereka membawa pulang penghargaan Dance Performance dari ajang Mnet Asian Music Awards dan Melon Music Awards di tahun 2016.

6. Masuk chart Billboard

GFRIEND BILLBOARD

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak musisi K-Pop yang mampu memasuki chart Billboard. Tak mengherankan bila GFRIEND pernah masuk dalam list Billboard “Top 5 K-Pop Artists to Watch in 2015” berkat imej dan konsep mereka yang mengundang pujian. Karena musik GFRIEND sudah menyebar ke seluruh dunia, mereka pun bisa masuk chart Billboard World Albums empat kali berturut-turut di setiap comeback, yaitu melalui album Snowflake (peringkat ke-10), L.O.L (7), The Awakening (5), dan Parallel (10).

7. Konser pertama yang sold out

Poster Konser GFRIEND

Ketika menggelar konser solo perdana, GFRIEND mampu menjual habis tiketnya hanya dalam waktu tiga menit. Merespon hal itu, GFRIEND pun berjanji akan memberikan pertunjukan terbaik mereka kepada para penggemar.

8. Best Korea Act

Best Korea Act GFRIEND

Di tahun 2017, popularitas GFRIEND semakin menjadi-jadi. Mereka berhasil memenangkan penghargaan prestisius Best Korea Act dari MTV Europe Music Awards. Sebelumnya mereka hanya meraih nominasi di ajang itu.

9. Global V Live Artist Top 10

GFRIEND V LIVE

Semakin hari GFRIEND semakin menunjukkan keperkasaan mereka. Tahun ini, mereka membawa pulang penghargaan 2018 Global V Live Top 10. Mereka pun merayakan kemenangan itu di V Live dan berterima kasih kepada para fans serta fandom mereka, “Buddy,” atas dukungan konstan mereka.

Nah itulah beberapa pencapaian yang sudah diukir GFRIEND. Dalam tahun-tahun mendatang, mereka dipastikan akan lebih sukses lagi!

Be the first to comment on "9 Momen Kesuksesan dalam Perjalanan Karir GFRIEND di Dunia K-Pop"

Komentarmu