Anatomi – Pengertian, Fungsi, dan Sejarahnya

Loading...

Anatomi adalah studi tentang struktur yang membentuk tubuh makhluk hidup. Anatomi adalah cabang dari ilmu biologi. Para ilmuwan mempelajari tentang struktur tubuh terutama dengan membedah tubuh. Mereka bisa membedah tubuh manusia, hewan, tanaman, atau bentuk kehidupan lain seperti bakteri. Para ilmuwan mengidentifikasi struktur dalam bentuk kehidupan dan bagaimana mereka disatukan.

Anatomi Dada Manusia

Para ilmuwan mengembangkan anatomi untuk mempelajari ukuran, bentuk, dan posisi bagian tubuh yang berbeda, misalnya kulit, otot, tulang, dan organ manusia. Studi tentang anatomi manusia penting dalam dunia kedokteran. Mahasiswa kedokteran mempelajari bagaimana bagian-bagian dari tubuh manusia yang sehat bekerjasama dan bagaimana mereka berfungsi. Ini membantu mereka menangani bagian tubuh yang tidak berfungsi dengan baik.

Para ilmuwan juga membandingkan anatomi dari berbagai jenis makhluk hidup. Mereka mengamati persamaan dan perbedaan struktur makhluk hidup. Ini membantu mereka menentukan bagaimana jenis makhluk hidup yang berbeda berkaitan satu sama lain dan bagaimana mereka berkembang dari waktu ke waktu.

Seorang dokter Yunani kuno bernama Herophilus sering disebut sebagai bapak anatomi. Dia melakukan pembedahan umum pada tubuh manusia pada sekitar tahun 300 SM. Dokter Yunani kuno, Galen, kemudian menulis banyak buku tentang anatomi manusia. Buku-buku tersebut merupakan sumber utama informasi anatomi di Eropa selama berabad-abad meskipun mengandung banyak kesalahan. Banyak dari ide-idenya tidak didasarkan pada pengamatan langsung terhadap tubuh manusia.

Ilmu anatomi modern mulai berkembang pada tahun 1500-an. Pada tahun 1543, seorang dokter bernama Andreas Vesalius menulis buku anatomi pertama yang rinci dan berilustrasi berdasarkan fakta yang sudah diamati. Dia melakukan pembedahan hati pada tubuh manusia untuk mempelajarinya.

Mikroskop kuat pertama dikembangkan pada akhir 1600-an. Instrumen ini memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari struktur kecil di dalam tubuh seperti sel dan bagian-bagiannya. Ketika teknologi semakin meningkat selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mampu mempelajari lebih banyak hal tentang anatomi, dan ilmu anatomi kian berkembang pesat.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.