Apa Itu Penyakit Arthritis?

Loading...

Arthritis adalah masalah medis yang umum terjadi pada orang-orang tua. Penderita arthritis mengalami pembengkakan, nyeri, dan kemerahan pada sendi, tempat di mana tulang bertemu. Arthritis umumnya mempengaruhi tulang belakang, pinggul, lutut, dan tangan. Penyakit ini juga dapat menyerang banyak bagian lain dari tubuh. Dalam kasus yang parah, penderita mungkin akan merasa kesulitan atau bahkan tidak bisa menggerakkan sendi sama sekali.

Arthritis

Jenis yang paling umum dari arthritis adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Osteoarthritis umum pada orang-orang berusia lanjut. Penyakit ini sering menyerang tulang belakang, lutut, dan pinggul. Osteoarthritis disebabkan oleh kerusakan tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan menyerupai karet yang menutupi dan melindungi tulang pada sendi.

Rheumatoid arthritis lebih parah dari osteoarthritis. Penyakit ini seringkali menyerang orang-orang paruh baya, terutama perempuan. Rheumatoid arthritis sering menyerang tangan, kaki, pergelangan tangan, lutut, dan bahu. Penyakit ini menyerang kantung berisi cairan yang mengelilingi sendi. Akhirnya, jaringan seperti luka sayatan terbangun dan mengganggu gerakan sendi. Kadang-kadang sendi itu sendiri bisa menjadi cacat.

Arthritis tampaknya diwariskan dalam keluarga. Seseorang yang orang tua atau kakek-neneknya menderita arthritis seringkali juga akan terkena arthritis. Infeksi dan luka juga dapat menyebabkan jenis langka dari arthritis.

Dalam kebanyakan kasus, arthritis adalah kondisi seumur hidup tanpa obat. Namun, aspirin, ibuprofen, atau obat lain dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Latihan fisik dapat membantu meningkatkan gerakan. Dalam beberapa kasus, dokter akan mengganti sendi yang rusak parah dengan sendi yang terbuat dari plastik atau logam.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.