Apa Kelebihan dan Kekurangan Andrea Pirlo?

Loading...

Andrea Pirlo disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik dunia sepanjang masa. Teknik tinggi pemain asal Italia ini telah berbuah banyak raihan gelar untuk tim-tim yang ia bela, termasuk untuk Timnas Italia. Pirlo adalah pemain yang sangat komplit, hingga Marcello Lippi menyebutnya sebagai “pemimpin senyap, yang berbicara dengan kakinya.”

Foto Andrea Pirlo

Pengamat mencatat ada sejumlah kekurangan pada sosok Pirlo. Mantan pemain AC Milan dan Juventus ini dinilai kurang memiliki kecepatan, stamina, kemampuan fisik, serta kemampuan bertahan. Di samping itu, determinasi dan kemampuan tackling Pirlo juga mendapat catatan miring. Tapi pria kelahiran Flero ini menutupi kekurangannya itu dengan berbagai kemampuan brilian di atas lapangan hijau.

Pirlo dikenal sangat lengket dengan bola. Kemampuan penguasaan bolanya di atas rata-rata. Setiap sentuhannya mampu mengubah arah permainan. Ia punya keseimbangan, kreatifitas, dan kontrol bola yang prima sebelum mengirim umpan-umpan matang pada para penyerang. Umpan jarak jauh Pirlo terkenal sangat akurat, baik itu umpan lambung maupun mendatar dengan kedua kakinya. Namun kaki kanan Pirlo lebih kuat dari kaki kirinya.

Pirlo

Sebagai seorang playmaker, Pirlo punya visi dan ketenangan untuk mengatur penyerangan dari berbagai sisi. Kecerdasannya sebagai playmaker membuatnya mampu membaca ke mana arah permainan. Ia paham betul kapan harus menyerang dan kapan harus memainkan bola. Dalam situasi satu lawan satu, Pirlo tidak menggunakan kemampuan fisik seperti body charge, tapi ia lebih memilih menggunakan kreatifitas, skill dribbling, dan bakat besarnya untuk mengamankan bola.

Yang paling menonjol tentu saja adalah kemampuan eksekusi free kick alias tendangan bebasnya. Tak terhitung berapa banyak gol yang ia ciptakan dari tendangan bebas. Tendangan spekulasi dari jarak jauh juga menjadi ciri khasnya. Tak jarang ia justru sukses memecahkan kebuntuan tim lewat tendangan-tendangan gledeknya. Dengan segala kemampuan itu, banyak kalangan menyebut Pirlo sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.