Apakah Air Alkali Benar-benar Bermanfaat untuk Tubuh?

Loading...

Makanan yang mengandung lemak hewani tinggi dan makanan olahan dapat meningkatkan kadar asam dalam tubuh. Seiring waktu, konsentrasi asam yang tinggi ini dapat menyebabkan pengembangan kondisi kesehatan kronis tertentu, seperti osteoporosis. Air alkali telah menjadi terkenal sebagai produk yang dapat menetralkan kadar asam yang tinggi dalam tubuh, tetapi klaim ini tidak didasarkan pada penelitian yang kuat.

Air

Apa yang dimaksud dengan air alkali?

Untuk menciptakan lingkungan basa, air murni harus ditingkatkan melalui penambahan ion logam, seperti natrium, kalsium, atau magnesium. Menurut Valley Crossing Community School, substansi alkali -seperti air alkali- memiliki kemampuan untuk menetralisir asam. Dibandingkan dengan substansi netral yang memiliki pH 7,0, produk basa mengandung kelebihan ion hidroksida (OH-), yang menyebabkan peningkatan pH antara 7,0 dan 14,0.

Apakah air alkali punya manfaat kesehatan?

Mayo Clinic mencatat bahwa beberapa pendukung air alkali mengklaim bahwa air ini efektif untuk meningkatkan metabolisme dan penyerapan nutrisi tertentu. Meski beberapa ahli menyatakan bahwa air alkali dapat membantu mencegah tulang keropos dan penyakit kronis serta memperlambat proses penuaan, Mayo Clinic melaporkan bahwa klaim ini belum diverifikasi melalui penelitian ilmiah.

Menurut Dr. Andrew Weil dari Arizona Center for Integrative Medicine, klaim mengenai air alkali adalah hype, alias dilebih-lebihkan. Bahkan, tidak ada penelitian solid yang menunjukkan bahwa air alkali memiliki manfaat lebih selain hanya memuaskan dahaga peminumnya.

Alih-alih minum air alkali, orang-orang yang ingin menetralkan asam dalam tubuh harus melakukannya dengan makan makanan yang bersifat alkali. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian mengandung semua sifat alkali dan sangat efektif untuk menetralkan asam dalam tubuh. Dan pastinya cara ini terbukti jauh lebih sehat bagi Anda.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.