Asma – Definisi, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Loading...

Asma adalah suatu kondisi medis jangka panjang yang mempengaruhi paru-paru seseorang. Dari waktu ke waktu, penderita asma menderita serangan berupa kesulitan untuk bernapas. Seseorang bisa terserang asma pada usia berapa pun. Asma adalah salah satu masalah kesehatan jangka panjang yang paling umum pada anak-anak.

Pereda Asma

Gejala serangan asma meliputi batuk dan perasaan tidak mendapatkan cukup udara. Mengi, atau pernapasan yang menimbulkan suara seperti siulan, juga umum. Serangan asma biasanya berlangsung dari sekitar 30 menit sampai beberapa jam. Gejala-gejalanya dapat berkisar dari ringan sampai serius. Dalam kasus yang jarang terjadi, serangan asma dapat menyebabkan kematian.

Serangan asma disebabkan oleh perubahan dalam tabung kecil di paru-paru yang membawa udara. Selama serangan, otot-otot di sekitar saluran udara ini mengencang. Hal ini mempersulit udara untuk lewat. Tabung juga membengkak sehingga mempersempit ruang di dalam untuk aliran udara. Selain itu, tabung juga terisi dengan sejumlah cairan kental yang disebut lendir.

Para ilmuwan tidak tahu secara persis mengapa orang menderita asma. Tapi begitu orang mengalami kondisi tersebut, tubuh mereka cenderung akan bereaksi berlebihan terhadap hal-hal tertentu yang disebut pemicu asma. Pemicu asma bervariasi di setiap orang. Bagi beberapa orang, berolahraga bisa jadi pemicu asma. Bagi orang lain, menghirup udara yang tercemar atau udara dingin bisa berujung pada serangan asma.

Serangan asma juga sering dikaitkan dengan alergi. Alergi adalah reaksi negatif tubuh terhadap zat tertentu. Hal-hal yang menyebabkan reaksi alergi juga dapat memicu serangan asma. Alergen atau pemicu alergi misalnya serbuk sari tanaman, jamur, serangga kecil yang hidup di debu rumah, dan lain sebagainya.

Tidak ada obat untuk asma. Namun, beberapa obat dapat membantu mencegah serangan asma. Obat lain dapat dengan cepat meringankan gejala serangan asma. Penderita asma juga harus mencoba untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu serangan asma.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.