Benarkah iPhone X, 8, dan 8 Plus Penuh Fitur Tiruan (Copycat)?

Loading...

Apple punya banyak julukan di masa lalu, dan copycat (peniru) adalah salah satunya. Tapi mungkin ini adalah salah satu bagian dari strategi Apple itu sendiri untuk “menyalin” fitur-fitur para pesaing mereka yang membuat produk mereka menjadi begitu menarik.

iPhone Terbaru 2017

Pada hari Selasa (12/9), Apple mengeluarkan iPhone X yang telah lama ditunggu-tunggu, sebuah smartphone high-end yang akan melengkapi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang juga diumumkan perusahaan tersebut pada acara konferensi pers mereka.

IPhone X, yang dijadwalkan untuk dijual secara luas pada tanggal 3 November 2017, hadir dengan layar organic light-emitting diode (OLED), pengisian nirkabel, dan desain yang baru. Ada juga pemindai wajah yang bisa digunakan untuk memverifikasi pembelian seluler melalui Apple Pay dan memberikan akses pada pengguna ke ponsel pintar mereka.

Jika semua itu terdengar familiar bagi Anda, itu lantaran fitur-fitur tersebut sudah tersedia di Samsung Galaxy S8, perangkat yang sudah diluncurkan beberapa bulan lalu. Samsung Galaxy Note 8 juga hadir dengan fitur-fitur tersebut, begitu juga beberapa smartphone Android papan atas lainnya.

Loading...

Kritikus Apple menuding bahwa iPhone X adalah smartphone ‘tiruan’ yang dirancang untuk membantu raksasa teknologi ini mengejar para pesaingnya. Tapi kemungkinan lainnya adalah Apple melihat apa yang dilakukan pesaingnya dan mereka mencari cara untuk menghadirkannya secara lebih baik. Dengan kata lain: amati, tiru, modifikasi!

Selama bertahun-tahun, Apple telah menggunakan pendekatan wait and see dengan banyak produk mereka yang paling populer. Pada awal tahun 2000-an, Apple menghadirkan iTunes hanya setelah mereka tahu cara mengawinkannya dengan hardware, software, dan konten musik menjadi satu sistem yang lengkap. Bahkan iPhone orisinal Apple bukanlah smartphone pertama yang memiliki layar sentuh, tapi ponsel itu adalah ponsel pertama yang melakukannya dengan benar.

Penampilan iPhone Terbaru 2017

Di sisi fitur, Apple telah membuat jengkel para pesaing mereka selama bertahun-tahun. Sensor sidik jari Touch ID mereka, misalnya, dipandang secara luas sebagai yang paling handal dan paling responsif di industri ini. Dan dengan bantuan dari anak perusahaannya, Beats, Apple telah melahirkan earbud nirkabel yang mengesankan di AirPods yang umumnya dianggap sebagai yang terbaik di pasaran.

Pada acara konferensi pers iPhone X, Apple membuat pernyataan berani. Perusahaan ini menyebut layar smartphonenya sebagai yang terbaik dalam bisnis ini dan mengatakan bahwa pengisian nirkabelnya akan menjadi yang teratas. Apple bahkan melangkah lebih jauh dengan menyebut bahwa iPhone X merupakan “masa depan” bagi pasar smartphone, meskipun fitur yang diumumkannya sudah ada selama bertahun-tahun, dan bahkan dalam beberapa kasus sudah ada di handset-handset pesaing mereka.

Tapi kemudian para reporter yang hadir di sana mendapat kesempatan untuk mencoba fitur pemindai wajah Face ID dan mereka mengatakan bahwa hasilnya sangat bagus. Bagaimana dengan layarnya? Benar-benar cantik, kata mereka. Dan dengan kemampuan untuk mengisi beberapa perangkat Apple sekaligus dengan satu charging pad AirPower tahun depan, perusahaan ini baru saja menemukan cara untuk mengalahkan semua pesaing mereka yang masih berusaha membuat charging pad berkualitas tinggi untuk produk-produk mereka.

Apa yang diresmikan Apple pada tanggal 12 September kemarin bukanlah perangkat yang inovatif seperti yang diharapkan semua orang. Tapi Apple memproduksi sebuah handset dalam bentuk iPhone X yang mengambil beberapa konsep yang lebih bagus di perangkat para pesaing dan (mungkin saja) sedikit meningkatkannya. Dan dengan mengikat semua fitur itu ke dalam dunia yang diciptakan Apple, para penggemar Apple dan bahkan mereka yang sama sekali tidak memiliki iPhone setidaknya akan percaya bahwa iPhone X adalah raja di atas para pesaingnya.

Suka atau tidak, Apple sekali lagi telah memikat industri smartphone pada hari Selasa kemarin dan mencuri sorotan dari pesaingnya. Apple memang selalu cerdik!

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.