Bisakah Main Pokemon Go Tanpa Internet (Mobile Data)?

Game Pokemon Go membuat banyak orang bergegas keluar dari kamarnya dan menyusuri jalanan untuk menangkap Pokemon. Jika sedang di rumah, biasanya orang cukup mengandalkan koneksi WiFi atau mobile data untuk ngegame, chatting, streaming, dan lainnya. Tapi mungkin saat keluar rumah, koneksi mobile data bisa melemah atau hilang di lokasi-lokasi tertentu. Ini tentu saja menjadi pertanyaan bagi para pemain Pokemon Go, bisakah mereka tetap melacak Pokemon di luar sana tanpa koneksi data?

Pokemon Go

Jawabannya adalah tidak bisa. Aplikasi game Pokemon Go didasarkan pada dunia nyata. Game ini menggunakan GPS untuk melacak lokasi Anda dan menjalankan permainan. Peta yang muncul di game didasarkan pada keadaan nyata tempat-tempat yang Anda kunjungi, mirip Google Map. Aplikasi ini memerlukan konektivitas internet, sebab jika tidak, ia akan ‘loading’ terus menerus dan game tak bisa berjalan.

Berbeda dengan pendapat umum, GPS tidak memerlukan mobile data. GPS bisa bekerja dengan cukup baik tanpa koneksi internet. Namun game Pokemon Go memerlukan kordinat GPS untuk membuatkan Anda peta dan menunjukkan posisi Pokemon atau PokeStops terdekat. Perkembangan game Anda juga akan disimpan secara online, karena itulah Pokemon Go tak bisa dimainkan tanpa internet.

Jika Anda punya koneksi internet stabil, maka Pokemon Go bisa Anda mainkan dengan lancar. Ada beberapa manfaat bermain game unik ini, antara lain:

1. Membuat seseorang rela berjalan (berolahraga) jauh sehingga kalori terbakar dan obesitas bisa turun (masalah umum remaja dan anak-anak). Tubuh jadi lebih sehat!

2. Menggairahkan banyak sektor bisnis, mulai dari bisnis pulsa, bisnis baterai, power bank, turisme, serta mengenalkan banyak orang pada tempat-tempat asyik di sekitar mereka.

3. Membuat gamer yang biasanya introvert mau berinteraksi dengan orang lain di luar sana.

4. Menghadirkan nostalgia tersendiri bagi para anak generasi 90-an yang menggemari segala sesuatu tentang Pokemon sejak zaman Nintendo.

Komentar Anda