Cara Cerdas Menyimpan Stroberi Agar Tetap Segar

Loading...

Karena sangat mudah rusak, stroberi memerlukan pendinginan setelah dipetik. Suhu rendah kulkas memperlambat pertumbuhan bakteri dan juga memperpanjang kesegarannya. Jika dikeluarkan dari kulkas, stroberi hanya akan bertahan selama satu atau dua hari. Setelah dipotong, stroberi bahkan tidak akan bertahan beberapa jam tanpa didinginkan. Entah Anda mengambil stroberi dari kebun atau membelinya di pasar, pilih stroberi yang masak -merah cerah dan mengkilap- karena buah seperti ini akan tetap segar lebih lama.

Untuk menjaga kesegaran stroberi masak agar tampak cerah dan mengkilap, jangan bilas stroberi sampai Anda siap untuk memakannya. Stroberi basah akan rusak dengan cepat. Buang -jangan simpan- stroberi yang lembek, kusam, atau keriput. Jika ada stroberi yang berair, memiliki bercak putih atau hijau, menunjukkan bintik-bintik cendawan, atau batang atasnya coklat, buang saja.

Kisaran suhu yang ideal untuk menyimpan stroberi adalah antara 0 sampai 3 derajat Celsius. Kebanyakan kulkas disetel 4 derajat Celsius atau lebih rendah. Jika kulkas Anda suhunya di atas 3 derajat Celsius, stroberi Anda masih tetap aman untuk dimakan, tetapi dapat rusak lebih cepat dibandingkan dengan yang didinginkan pada suhu yang lebih rendah. Simpan stroberi lengkap dengan batang hijaunya yang masih utuh dalam wadah tertutup atau kantong plastik yang sebagian terbuka di laci kulkas hingga tujuh hari. Periksa setiap hari kalau-kalau ada buah yang rusak dan makanlah sesegera mungkin.

Sebelum memotong stroberi, bilas dan buang batang hijaunya dengan pisau bersih. Setelah dipotong, udara dan kelembaban mulai menyebabkan stroberi memburuk dan Anda harus menyimpan stroberi di kulkas dalam waktu dua jam setelah pemotongan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Wadah kedap udara atau kantong plastik yang tertutup rapat akan menjaga potongan stroberi tetap segar dalam lemari es sampai tiga hari.

Simpan stroberi lebih lama dengan cara membekukannya. Bekukan seluruh stroberi dalam wadah kedap udara atau kantong plastik freezer hingga delapan bulan. Jika stroberi berbentuk potongan, taburkan gula pasir -sekitar 1/4 cangkir gula untuk setiap 1/2 kg buah. Potongan stroberi yang diberi gula akan tetap segar dalam freezer sampai empat bulan sebelum kualitasnya mulai menurun.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.