Cara Memindahkan Pesan Lama WhatsApp ke Ponsel Baru

Jika Anda baru membeli ponsel pintar, misalnya Samsung Galaxy, mungkin Anda ingin mentransfer pesan WhatsApp dari smartphone lama Anda. Sayangnya, saat ini belum ada backup otomatis dan solusi pengembalian untuk pesan WhatsApp yang ada dalam aplikasi chating itu. Itulah sebabnya kami ingin memberikan tutorial tentang cara membackup pesan WhatsApp pada ponsel Android lama dan mentransfernya pada smartphone baru Anda.

WhatsApp

Ikutilah langkah-langkah simpel berikut.

Simpan folder WhatsApp lengkap dari smartphone lama Anda ke komputer. Untuk melakukan hal ini, hubungkan smartphone lama melalui kabel USB ke PC atau laptop. Ketika ponsel dikenali sebagai perangkat penyimpanan massal, arahkan kursor pada:

My Computer –> Portable Device –> Phone

Dari sini Anda sekarang akan menemukan folder WhatsApp. Salinlah seluruh folder dan simpan ke desktop. Anda sekarang telah berhasil membuat cadangan dari pesan WhatsApp lama Anda.

Sekarang Anda dapat mulai mengupload folder ini pada smartphone baru Anda. Jika WhatsApp sudah terinstal pada smartphone baru itu, uninstall atau copotlah pemasangannya terlebih dahulu.

Sekarang hubungkan Smartphone baru itu melalui kabel USB ke PC. Salin atau paste folder Backup WhatsApp yang tadi Anda simpan ke direktori My Computer –> Portable Device –> Phone menuju Smartphone baru Anda.

Bila Anda sudah selesai melakukan langkah ini, Anda sekarang bisa menginstal WhatsApp lagi pada smartphone baru dengan mengunduhnya dari Play Store Google. Kemudian buka WhatsApp pada ponsel dan ikuti petunjuk di layar. Layar berikut akan menampilkan tulisan “Tap to restore” dan sistem akan mengimpor semua pesan WhatsApp dari backup ke smartphone baru Anda. Nah, kini semua pesan WhatsApp lama Anda sudah muncul kembali.

Komentar Anda