Cara Tepat Mencuci dan Menyimpan Bayam

Loading...

Selain memiliki segudang nutrisi, bayam mudah didapat di mana-mana, harganya murah, dan mudah diolah. Tak heran bayam menjadi favorit banyak orang. Mencuci bayam dengan tepat memastikan sayuran ini tetap segar dan aman untuk dikonsumsi serta tidak mengandung kotoran. Ketika membeli bayam, pilih tandan berwarna hijau tua, dengan daun dan batang bertekstur lembut dan tidak rusak.

Kapan waktunya mencuci?

Bayam paling baik disimpan ketika dibiarkan kotor. Kelembaban yang terjebak dalam daun setelah pencucian dapat mempercepat pembusukan dan pertumbuhan bakteri jika daun tidak kering sepenuhnya sebelum disimpan di dalam lemari es. Tarik beberapa helai bayam yang Anda butuhkan dari ikatannya dan cuci sebelum diolah untuk memastikan bayam tetap berada dalam kualitas terbaik. Bayam bisa bertahan hingga empat hari di laci lemari es ketika dibiarkan kotor.

Bilas dengan cepat

Jika Anda membeli bayam dalam kemasan, kemungkinan bayam sudah dicuci sebelum dikemas untuk membuang kotorannya. Bayam seperti ini hanya perlu dibilas cepat dengan air dingin sebelum Anda menggunakannya. Pegang jadi satu seluruh batang bayam dan bilas di bawah air mengalir. Atau, taruh bayam di saringan dan alirkan air dingin di atasnya. Tiriskan daun sepenuhnya sebelum diolah atau dimasak.

Buang kotorannya

Bayam segar mengandung banyak pasir lembut (grit) dan tanah yang terperangkap dalam daunnya. Pisahkan kelompok itu sebelum Anda mulai mencuci sehingga grit tidak tetap terperangkap di dalam dedaunan. Isi mangkuk dengan air dingin dan rendam bayam selama satu atau dua menit, kemudian kibaskan untuk membuang gritnya. Sebaiknya buang air yang sudah digunakan dan bilas dengan air bersih sekali lagi, terutama untuk bayam hasil kebun sendiri.

Pengeringan dan Penyimpanan

Bayam memerlukan pengeringan kecuali Anda mendidihkannya atau menggunakannya dalam resep yang tidak membutuhkan bayam basah. Anda bisa menyingkirkan kelembaban berlebih dari daun bayang dengan tangan jika Anda tidak ingin daun kering dengan sempurna. Jika Anda lebih suka bayam kering, keringkan daunnya dengan handuk atau kain. Jika bayam memiliki batang keras, potong batang itu dari daunnya setelah dicuci dan sebelum dimasak.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.