Darah: Definisi, Struktur, dan Fungsinya

Pada manusia dan hewan, darah adalah cairan yang berfungsi membawa nutrisi dan membuang kotoran. Darah bergerak melalui sistem kardiovaskular tubuh, meliputi jantung dan jaringan pembuluh darah yang luas. Jantung memompa darah melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Berikut kami akan jelaskan secara sederhana struktur dan fungsi darah.

Darah

Sel-sel darah membentuk sekitar setengah volume darah. Sel-sel ini terbentuk di dalam sumsum tulang, yang merupakan jaringan lunak di dalam tulang. Ada tiga jenis utama sel darah: sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Sel darah merah adalah jenis sel darah yang paling banyak. Pekerjaan utamanya adalah mengangkut oksigen. Dalam setiap sel, substansi kaya zat besi yang disebut hemoglobin membawa oksigen. Hemoglobin dan oksigen bersama-sama memberikan warna merah pada darah.

Sel darah putih atau leukosit membantu menjaga tubuh tetap sehat. Beberapa leukosit mampu menelan makhluk hidup kecil yang disebut bakteri atau zat asing lainnya. Lainnya melepaskan protein yang menyerang zat-zat yang membahayakan tubuh. Sisanya membantu memecah dan membuang sel-sel mati.

Trombosit adalah sel-sel darah yang paling kecil. Trombosit mampu menempel satu sama lain dan membentuk gumpalan/bekuan darah. Gumpalan darah bisa menyumbat lubang yang dapat berkembang pada dinding pembuluh darah sehingga membantu menghentikan perdarahan.

Bagian berair darah disebut plasma darah. Sebagian besar plasma darah adalah air. Plasma juga mengandung nutrisi, bahan kimia, hormon, dan kotoran.

Pada saat darah melewati paru-paru, darah akan mengambil oksigen. Darah kaya oksigen kemudian beredar ke seluruh tubuh. Sel-sel tubuh mengambil oksigen ini. Sebagai gantinya, sel-sel tubuh akan mengirim gas yang disebut karbon dioksida ke dalam darah. Darah membawa karbondioksida kembali ke paru-paru, yang mendorong gas ini keluar dari tubuh.

Darah juga membawa nutrisi (protein, lemak, gula, garam, vitamin, dan mineral) untuk sel-sel tubuh. Darah juga mengangkut berbagai kotoran yang dibuat oleh sel-sel tubuh. Ginjal, limpa, dan hati bertugas membersihkan darah dari kotoran-kotoran tersebut.

Komentar Anda