Dicekal di China, Song Joong-ki Rugi Jutaan Dolar AS?

Song Joong-ki dikabarkan tengah memfokuskan diri pada proyek film terbarunya, Battleship Island. Konon, hal itu dilakukan karena pembatalan proyeknya di China dan pembatalan Descendants of the Sun musim 2. Bintang Asia ini terkena imbas dari aksi boikot China terhadap para bintang Hallyu dalam rangka memprotes kesepakatan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

song-joong-ki

Pemerintah China kini melarang semua proyek Korea Selatan memasuki negara mereka menyusul dukungan terakhir mereka pada Amerika Serikat. Ini mencakup endorsement produk dan konser para bintang K-Pop. Masalah ini telah menyeret banyak bintang Hallyu, namun Song Joong-ki dikabarkan terkena imbas paling besar.

Laporan yang beredar menyebut bahwa beberapa kontrak brand ambassadornya telah dihentikan. Ini meliputi kesepakatan endorsement produk senilai 3,3 juta dolar AS dengan brand ponsel China, Vivo. Perusahaan mobile itu kini sudah mengganti Song Joong-ki dengan aktor Taiwan, Eddie Peng.

Song Joong-ki bahkan sempat mempertimbangkan proyek-proyek akting mendatang di China. Tawaran-tawaran itu, yang sudah dikonfirmasi oleh agensinya Blossom Entertainment, juga terpaksa dibatalkan. Bahkan, Joong-ki seharusnya mendapatkan 15 juta dolar AS dari salah satu proyek yang dihentikan itu.

Karena larangan itu, fans semakin khawatir bahwa kurangnya dukungan dari pemirsa China akan mempengaruhi Descendants of the Sun musim 2. Banyak orang berharap sekuel megadrama militer itu bisa ditayangkan pada tahun 2017. KBS memang bisa saja membuat dan merilis drama ini di Korea Selatan dan negara-negara tetangga. Namun, hilangnya basis penonton di negara sebesar China kemungkinan akan mempengaruhi rating acara dan tentu saja: potensi pendapatan besar.

Namun, kabar tentang pembatalan kontrak endorsement dengan perusahaan-perusahaan China serta kemungkinan pembatalan Descendants of the Sun musim 2 baru-baru ini ditepis oleh Blossom Entertainment. Menurut agensi itu, Song Joong-ki saat ini terlalu sibuk dengan proyek film Battleship Island. Karena kesibukan itulah ia bahkan tak bisa menerima tawaran proyek baru dalam waktu dekat ini.

Komentar Anda