Diet Rendah Lemak Kurang Efektif Turunkan Berat Badan

Loading...

Apakah Anda berpikir mengonsumsi makanan rendah lemak sudah cukup untuk membantu Anda menurunkan berat badan? Pikirkan lagi. Sebuah studi terbaru menyimpulkan bahwa diet rendah lemak tidak lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet tinggi lemak jika keduanya mengandung jumlah kalori yang sama.

Diet Rendah Lemak

Para peneliti di Brigham and Women’s Hospital and Harvard Medical School di Boston membandingkan efek dari diet tinggi lemak, diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat, dan tanpa diet sama sekali. Hasilnya, mereka tidak menemukan perbedaan yang nyata dalam penurunan berat badan seseorang ketika mereka membandingkan diet rendah lemak dengan diet tinggi lemak. Diet rendah lemak hanya lebih efektif jika dibandingkan dengan tanpa diet tidak sama sekali.

Penelitian ini didasarkan pada data yang diambil dari 53 studi yang melibatkan 68.000 orang dewasa. Meski diet rendah lemak tidak begitu efektif dalam menurunkan berat badan, para peneliti mencatat bahwa diet ini dapat mendorong orang untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan menurunkan asupan lemak mereka secara keseluruhan.

Namun, agar benar-benar efektif, diet ini perlu dilengkapi dengan pengurangan konsumsi biji-bijian olahan dan daging olahan, lalu dibarengi dengan peningkatan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian murni. Yang pasti, studi ini secara jelas memperkuat prinsip dasar penurunan berat badan: Pengurangan kalori adalah hal yang paling penting.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.