Daftar 43 Film Terbaik Robert Downey Jr. di Sepanjang Karirnya

Loading...

Profil dan Biodata: Robert Downey Jr. adalah aktor top Amerika yang sudah membintangi puluhan judul film dan serial televisi di sepanjang karirnya. Lahir di New York City pada tanggal 4 April 1965, Downey debut di Hollywood pada usia lima tahun di film Pound yang disutradarai ayahnya, Robert Downey Sr., pada tahun 1970. Pada dekade 80-an, Downey dianggap sebagai bagian dari kelompok aktor remaja ‘Brat Pack’ setelah muncul di berbagai film seperti Tuff Turf, Weird Science, Back to School, Less Than Zero, dan Johnny Be Good.

Foto Robert Downey

Pada tahun 1992, Robert Downey menerima nominasi Oscar pertamanya sebagai Aktor Terbaik lewat penggambarannya atas sosok komedian legendaris dunia, Charlie Chaplin, di film Chaplin. Film itu mempermulus langkah Downey muda di Hollywood di mana dia mendapatkan banyak peran bagus yang kian melambungkan namanya.

Sayangnya dari tahun 1996 sampai 2001 Robert Downey kerap berurusan dengan polisi dan ke luar masuk penjara karena penyalahgunaan obat-obatan. Karirnya pun mulai meredup, terutama setelah upaya rehabilitasinya tidak berhasil. Lima tahun bergulat dengan dunia hitam, Downey memutuskan untuk berubah dan mulai menata kembali karirnya. Dia bisa bermain film lagi berkat bantuan sahabatnya, Mel Gibson, yang membayar tanggungan asuransi Downey untuk film The Singing Detective pada tahun 2003.

Film Terpopuler Robert Downey Jr

‘Perjudian’ Mel Gibson ini berbuah manis karena Robert Downey akhirnya bisa sepenuhnya comeback. Dia tampil di film Gothika. Produser Joel Silver menahan 40% gaji Downey sampai produksi selesai sebagai jaminan atas kebiasaannya mengonsumsi obat-obatan. Klausa semacam itu kemudian menjadi standar dalam kontraknya. Silver kemudian memberikan peran besar pada Downey di film komedi thriller Kiss Kiss Bang Bang.

Setelah itu Robert Downey bermain di sekian judul film, baik sebagai pemeran utama maupun pendukung. Titik balik terbesar karirnya terjadi di tahun 2008 ketika dia dikasting sebagai Tony Stark alias Iron Man di film superhero Iron Man. Franchise film ini bersama film-film Marvel lainnya mengantar Downey dari titik terendah menuju puncak karirnya di mana dia kemudian sukses menjadi aktor Hollywood dengan bayaran termahal.

Loading...

Berikut adalah daftar film terbaik yang pernah dibintangi Robert Downey Jr. di sepanjang karirnya.

1. Chances Are (1989)

Chances Are

Seorang pria yang bereinkarnasi jatuh cinta pada putrinya sendiri dari kehidupan sebelumnya.

2. Less Than Zero (1987)

Less Than Zero

Seorang sarjana kembali ke Los Angeles untuk berlibur atas permintaan mantan pacarnya, namun dia mendapati sahabatnya adalah pecandu narkoba yang tak terkontrol.

3. Soapdish (1991)

Soapdish

Seorang aktris opera sabun yang ambisius berkomplot dengan produsernya untuk menghentikan karier bintang lama acara itu, tetapi rencana mereka tak berjalan dengan baik.

4. Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006)

Fur An Imaginary Portrait of Diane Arbus

Meninggalkan keluarganya yang mapan, Diane Arbus jatuh cinta pada Lionel Sweeney, seorang mentor misterius yang memperkenalkannya kepada orang-orang yang terpinggirkan yang membantunya menjadi salah satu fotografer paling dihormati di abad ke-20.

5. Only You (1994)

Only You

Ketika kecil, Faith diberitahu bahwa takdirnya adalah seorang pria bernama Damon Bradley. Bertahun-tahun kemudian, ketika Faith akan menikah dengan pria lain, Damon Bradley datang. Faith menghancurkan pernikahannya dan mengikuti Damon ke Italia.

6. U.S. Marshals (1998)

U.S. Marshals

Marsekal AS Samuel Gerard dan tim Marshal ditugaskan untuk melacak Sheridan, orang yang dituduh melakukan pembunuhan ganda.

7. Home for the Holidays (1995)

Home for the Holidays

Setelah kehilangan pekerjaannya, berkencan dengan mantan bosnya, dan mengetahui bahwa putrinya berencana untuk merayakan Thanksgiving bersama pacarnya, Claudia Larson harus menghabiskan liburan bersama keluarganya.

8. Back to School (1986)

Back to School.

Untuk membantu putranya yang putus asa lulus dari perguruan tinggi, seorang pengusaha kaya yang menyenangkan sekaligus menyebalkan memutuskan untuk masuk sekolah sebagai seorang murid.

9. Due Date (2010)

Due Date

Calon ayah, Peter Highman, terpaksa menumpang pada calon aktor Ethan Tremblay yang memberinya banyak masalah agar bisa pulang tepat waktu di hari kelahiran anaknya.

10. Weird Science (1985)

Weird Science

Dua kutu buku SMA berusaha menciptakan wanita yang sempurna, tetapi ternyata wanita itu tak seperti yang mereka kira.

11. True Believer (1989)

True Believer

Seorang mantan pengacara kebebasan sipil yang sinis yang berubah menjadi ‘spesialis’ dalam membela para pengedar narkoba dipaksa menangani kasus yang kriminal yang membuat pemuda Korea dipenjara selama delapan tahun atas tuduhan pembunuhan yang tidak pernah dia lakukan.

12. Restoration (1995)

Restoration

Tabib kerajaan Raja Charles II yang diasingkan mengabdikan dirinya untuk membantu warga London yang menderita wabah, dan dalam prosesnya dia jatuh cinta pada seorang wanita yang sama-sama miskin.

13. The Soloist (2009)

The Soloist

Seorang jurnalis surat kabar menemukan seorang jenius musik yang tunawisma dan dia mencoba untuk memperbaiki kehidupannya.

14. The Incredible Hulk (2008)

The Incredible Hulk

Bruce Banner, seorang ilmuwan yang sedang dalam pelarian dari Pemerintah A.S., harus menemukan obat untuk dirinya sendiri yang berubah menjadi monster setiap kali dia kehilangan kesabaran.

15. Heart and Souls (1993)

Heart and Souls

Seorang pengusaha bertemu kembali dengan empat arwah yang merupakan malaikat pelindungnya di masa kanak-kanaknya dulu. Mereka meminta bantuannya untuk memperbaiki kehidupan mereka yang belum selesai karena dialah satu-satunya orang yang dapat berkomunikasi dengan mereka.

16. A Guide to Recognizing Your Saints (2006)

A Guide to Recognizing Your Saints

Seorang anak laki-laki tumbuh di Astoria, New York, selama tahun 1980-an. Ketika teman-temannya tewas karena narkoba atau dipenjara, dia percaya bahwa nasibnya telah diselamatkan oleh berbagai orang suci.

17. Charlie Bartlett (2007)

Charlie Bartlett

Seorang bocah kaya menjadikan dirinya sendiri sebagai psikiater untuk organisasi siswa di sekolah barunya.

18. Tropic Thunder (2008)

Tropic Thunder

Sekelompok aktor dan seorang sutrdara eksentrik membuat film perang dengan cara yang tak biasa. Tanpa disadari mereka masuk medan perang sungguhan dan berhadapan dengan pemberontak asli.

19. Iron Man 2 (2010)

Iron Man 2

Dunia kini sudah tahu akan identitas Tony Stark sebagai Iron Man. Dia harus mengatasi kesehatannya yang menurun dan berhadapan dengan pria gila pendendam yang memiliki ikatan dengan warisan ayahnya.

20. A Scanner Darkly (2006)

A Scanner Darkly

Seorang polisi yang menyamar di masa depan terlibat dengan obat baru yang berbahaya dan sebagai hasilnya dia mulai kehilangan identitasnya sendiri.

21. Iron Man 3 (2013)

Iron Man 3

Ketika kehidupan Tony Stark dikoyak oleh ulah seorang teroris tangguh bernama Mandarin, dia memulai kembali sepak terjangnya sebagai Iron Man dengan cara baru.

22. Chef (2014)

Chef

Seorang kepala koki keluar dari pekerjaannya dan membeli food truck agar lebih bisa berkreasi sambil menyatukan kembali keluarganya yang terasing.

23. Natural Born Killers (1994)

Natural Born Killers

Dua korban trauma masa kecil menjadi kekasih dan pembunuh berantai psikopat yang kemudian menjadi santapan media massa.

24. Wonder Boys (2000)

Wonder Boys

Seorang profesor bahasa Inggris mencoba menangani masalah istrinya yang meninggalkannya, kedatangan editornya yang telah menunggu bukunya selama tujuh tahun, dan berbagai masalah yang melibatkan teman-teman dan rekannya.

25. The Judge (2014)

The Judge

Pengacara kota besar Hank Palmer kembali ke rumah masa kecilnya di mana ayahnya, seorang hakim kota, diduga melakukan pembunuhan. Hank berangkat untuk mencari kebenaran dan di sepanjang jalan dia terhubung kembali dengan keluarganya yang terasing.

26. Avengers: Age of Ultron (2015)

Avengers Age of Ultron (2015)

Ketika Tony Stark dan Bruce Banner mencoba untuk memulai program pemelihara perdamaian yang tidak aktif yang disebut Ultron, segala sesuatu menjadi kacau dan para pahlawan terkuat di bumi harus menghentikan Ultron jahat yang memiliki rencana mengerikan.

27. Richard III (1995)

Richard III

Drama klasik Shakespeare tentang seorang raja licik yang dipentaskan dalam lingkungan fasis Inggris alternatif.

28. Good Night, and Good Luck. (2005)

Good Night, and Good Luck

Jurnalis penyiaran Edward R. Murrow berusaha menjatuhkan Senator Joseph McCarthy.

29. Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011)

Sherlock Holmes A Game of Shadows

Detektif Sherlock Holmes mengikuti jejak dalang kejahatan Profesor Moriarty yang melakukan serangkaian kejahatan secara acak di seluruh Eropa.

30. Spider-Man: Homecoming (2017)

Spider-Man Homecoming

Peter Parker berusaha menyeimbangkan hidupnya sebagai siswa SMA biasa di Queens dengan alter-egonya sebagai pahlawan super Spider-Man. Dia menemukan ancaman baru yang berkeliaran di langit Kota New York.

31. Chaplin (1992)

Chaplin

Sebuah film tentang kehidupan bermasalah dan kontroversial dari pembuat film komedi legendaris, Charlie Chaplin.

32. Kiss Kiss Bang Bang (2005)

Kiss Kiss Bang Bang

Sebuah misteri pembunuhan menyatukan seorang detektif swasta, seorang aktris yang berjuang dalam karirnya, dan seorang pencuri yang menyamar sebagai aktor.

33. Sherlock Holmes (2009)

Sherlock Holmes

Detektif Sherlock Holmes dan mitranya yang kuat, Watson, terlibat dalam pertempuran kecerdasan dan kekuatan dengan musuh bebuyutan yang menebarkan ancaman bagi seluruh Inggris.

34. Short Cuts (1993)

Short Cuts

Cerita tentang kehidupan sehari-hari beberapa penduduk pinggiran kota Los Angeles.

35. Zodiac (2007)

Zodiac

Pada akhir dekade 60-an dan awal 70-an, seorang kartunis San Francisco menjadi detektif amatir yang terobsesi melacak Zodiac Killer, seorang individu tak dikenal yang meneror California Utara dengan banyak pembunuhan.

36. Captain America: Civil War (2016)

Captain America Civil War

Keterlibatan politik dalam kegiatan Avengers menyebabkan hubungan antara Captain America dan Iron Man mengalami keretakan hingga memicu perang saudara.

37. Iron Man (2008)

Iron Man

Setelah dipenjara di sebuah gua di Afghanistan, insinyur miliarder Tony Stark menciptakan baju zirah unik nan canggih untuk mengubah dirinya menjadi Iron Man dan memerangi kejahatan.

38. The Avengers (2012)

The Avengers

Para superhero terkuat di bumi harus bersatu dan belajar untuk bertarung sebagai sebuah tim jika mereka ingin menghentikan Loki dan pasukan aliennya yang ingin memperbudak manusia.

39. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers Infinity War

Avengers dan para sekutu mereka harus rela mengorbankan segalanya demi menghentikan Thanos yang perkasa sebelum dia menghancurkan alam semesta.

Film Robert Downey Jr. yang akan datang:

Avengers: Endgame (2019)

All-Star Weekend (2019)

The Voyage of Doctor Dolittle (2020)

Sherlock Holmes 3 (2020)

Itulah film-film terbaik Robert Downey Jr. yang bisa kami bagikan untuk pembaca. Selamat menikmati!

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.