10 Film Romantis China yang Wajib Kamu Tonton

Film-film Mandarin dari negeri China sudah sejak lama menjadi bagian dari kehidupan kita. Kita mengenal film-film dari Negeri Tirai Bambu itu di televisi. Kini film China dibuat lebih modern dan menarik agar bisa bersaing dengan film dari negeri lain. Dan pangsa pasar yang paling sengit tentu saja adalah film percintaan yang tak pernah kekurangan peminat. Apakah China punya film romantis yang bagus? Wah, ada ratusan judul lho!

Film Percintaan China

Beberapa film percintaan China laku keras di kawasan Asia dan bahkan diremake di negara lain. Ini membuktikan bahwa kualitas film Mandarin memang nggak kalah dengan film tetangganya seperti Korea dan Jepang. Mau tahu judul-judul film romantis China terbaik dan terpopuler? Simak ulasan berikut ini.

1. Under the Hawthorn Tree

Film romantis China Under the Hawthorn Tree

Film romantis China pertama yang kami bahas adalah Under the Hawthorn Tree yang dibintangi Zhou Dongyu dan Shawn Dou. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Ai Mi yang bersetting di era Revolusi Kultural China. Di sebuah desa kecil bernama Yichang City di Provinsi Hubei, ada kisah cinta antara seorang gadis kota bernama Jing Qiu dengan pemuda desa yang tampan bernama Lao San. Meski latar belakang sosial keduanya berbeda, asmara tetap bersemi di hati keduanya. Tapi akankah cinta mereka bisa bersatu?

Baca Juga: 21 Drama Romantis Korea Terbaik Sepanjang Masa

2. Till Death Do Us Part

Film romantis China Till Death Do Us Part

Dikenal juga dengan judul Love for Life, film ini menampilkan kisah cinta yang tak biasa. Di sebuah desa kecil di China, perdagangan darah ilegal marak terjadi dan membuat HIV menyebar dengan cepat. Zhao Deyi dan Shang Qin Qin adalah dua orang yang sama-sama menderita AIDS. Mereka berdua kemudian saling jatuh cinta dan mereka rela bertaruh apa saja demi merasakan kebahagiaan untuk terakhir kalinya.

3. Perhaps Love

Film romantis China Perhaps Love

Film romantis musikal China yang satu ini mengisahkan Nie Wen (Jacky Cheung), seorang sutradara yang ingin membuat sebuah film drama musikal. Dia ingin film itu dibintangi pacarnya, Sun Na (Zhou Xun) dan aktor Hong Kong Lin Jian-dong (Takeshi Kaneshiro). Tanpa sepengetahuan Nie mereka berdua sebenarnya sudah saling mengenal dan bahkan pernah menjalin hubungan. Film garapan Nie itu mengandung plot cinta segitiga yang secara tak langsung melibatkan mereka bertiga secara emosional.

4. If You Are the One

Film romantis China If You Are the One

If You Are the One adalah salah satu film komedi romantis China tersukses di box office. Kisahnya adalah tentang Qin Fen (Ge), seorang pebisnis sukses yang kembali ke China dan ingin mengakhiri masa lajangnya. Dia mencari pasangan secara online dan berbagai kandidat wanita berdatangan, namun tak ada yang menarik hatinya. Hingga dia kemudian bertemu Liang Xiaoxiao (Shu Qi), seorang pramugari yang memiliki kisah cinta kelam dengan seorang pria bersuami.

5. A Beautiful Life

Film romantis China A Beautiful Life

Film percintaan tragis ini mengisahkan Li Peiru (Shu Qi), seorang wanita muda yang serakah dan berpemikiran dangkal. Dia pindah dari Beijing ke Hong Kong dan berkenalan dengan seorang polisi, Fang Zhengdong (Liu Ye). Fang merawat adiknya yang kesulitan berkomunikasi. Peiru mulai memanfaatkan kebaikan Fang dan membawa kabur uangnya. Namun Peiru belakangan menyadari bahwa Fang sangat berarti untuknya. Dia mencari Fang kembali, namun pria itu telah pindah karena kesehatannya yang memburuk.

6. A Time to Love

Film romantis China A Time to Love

A Time to Love bagaikan kisah Romeo dan Juliet. Hou Jia (Lu Yi) dan Qu Ran (Vicki Zhao) saling mencintai dan ingin hidup bersama, namun kebencian antar keluarga mereka membuat keduanya tak bisa leluasa. Hou Jia dan Qu Ran percaya bahwa hanya waktu dan cinta yang akan bisa mengatasi situasi pelik mereka ini. Dan setelah tujuh tahun berpisah, apakah cinta mereka tetap bisa bersemi kembali?

7. The Longest Night in Shanghai

Film romantis China The Longest Night in Shanghai

Film ini diperkuat oleh bintang lintas negara, antara lain aktris China Zhao Wei, aktor Jepang Masahiro Motoki, aktor Taiwan Dylan Kuo, aktor Hong Kong Sam Lee, dan aktris Jepang Naomi Nishida. Ini adalah kisah tentang seorang makeup artist yang bertemu dengan seorang sopir Taksi wanita, Linshi. Setelah tak sengaja menabrak Mizushima, Linshi memberikan tumpangan pada Mizushima keliling Shanghai. Meski mereka tak memahami bahasa masing-masing, mereka tertarik satu sama lain dan perlahan mulai saling membuka hati.

8. Sophie’s Revenge

Film romantis China Sophie's Revenge

Sophie (Ziyi Zhang) adalah seorang kartunis yang tampak memiliki segalanya. Dia punya karir cemerlang, teman-teman yang baik, dan tunangan yang sempurna, Jeff (So Ji-Sub), yang merupakan seorang ahli bedah. Ketika Jeff bertemu seorang aktris cantik bernama Joanna (Fan Bingbing), dia jatuh cinta padanya dan putus dengan Sophie. Sophie merasa sangat hancur, tapi dia segera merumuskan rencana untuk mendapatkan kembali Jeff bagaimana pun caranya hanya dalam waktu dua bulan sebelum pernikahan mereka.

9. Contract Lover

Film romantis China Contract Lover

Seorang pria bernama Fatt (Richie Jen) ingin memperkenalkan pacarnya, Rachel (Kate Tsui), pada ayahnya. Namun Fatt ragu apakah ayahnya bisa menerima gaya hidup Rachel yang modern. Fatt lalu mencoba mengetes ayahnya dengan menyewa pacar. Dan cewek yang jadi pacar sewaannya adalah Zao (Fan Bingbing) yang baru lulus kuliah dan sangat butuh uang. Fatt pun membawa Zao ke rumah dan memperkenalkan pada ayahnya, namun hal yang tak terduga terjadi.

10. Evening of Roses

Film romantis China Evening of Roses

Seorang pemuda bernama Ke Zhi Hong (Wallace Chung) menyewa sebuah kamar di apartemen milik cewek judes, Xia Mei Gui (Ruby Lin), yang nama Chinanya terdengar seperti kata ‘Evening Rose.” Mei Gui mengingatkan Zhi Hong pada gadis idamannya semasa kuliah dulu, yaitu kakak kelas yang mengajarinya tarian “Evening Rose.” Zhi Hong secara perlahan jatuh cinta pada Mei Gui, tapi di saat yang sama dia terus terkenang dengan “Evening Rose”-nya di masa lalu.

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.