Harapan Baru untuk Menyembuhkan Gangguan Pendengaran

Loading...

Bisakah para ilmuwan suatu hari nanti menemukan obat untuk menyembuhkan gangguan pendengaran? Sebuah penemuan baru yang melibatkan dua gen penting untuk perkembangan telinga bagian dalam telah membawa harapan baru tentang kemungkinan seseorang mendapatkan kembali pendengarannya yang rusak atau hilang.

Gangguan pendengaran

Sel-sel rambut di telinga bagian dalam sangat penting untuk mendengar dan keseimbangan. Ketika rusak, sel-sel rambut itu tidak dapat tumbuh kembali seperti rambut di kepala kita. Namun penelitian yang dilakukan terhadap tikus di The Rockefeller University di New York bisa jadi telah menemukan cara untuk mengatasi hal itu.

Para peneliti meneliti tikus sebelum dan sesudah lahir, dan dengan mengamati perubahan ekspresi gen di bagian telinga dalam yang dilapisi oleh sel-sel rambut, mereka menemukan dua gen sangat aktif sebelum lahir, tapi terhenti setelah lahir, yang tampaknya menjelaskan mengapa rambut di telinga tidak bisa tumbuh kembali.

Ketika para ilmuwan mengaktifkan gen ini pada tikus yang lebih tua, sel-sel rambut baru lahir kembali. Ini barulah langkah pertama dan penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, tetapi penelitian ini membawa harapan baru dalam mengobati gangguan pendengaran. Menurut Centers for Disease Control (CDC), sekitar 36 juta orang Amerika mengalami gangguan pendengaran.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.