Karakteristik Anjing Maltese yang Perlu Diketahui

Loading...

Maltese adalah peranakan anjing kecil yang dianggap ideal untuk dipelihara penghuni apartemen atau orang-orang yang memiliki ruangan terbatas. Peranakan ini diakui oleh American Kennel Club (AKC) pada tahun 1888, namun asal-usulnya bisa ditelusuri kembali hingga ke 5000 tahun SM. Siapapun yang berencana mengadopsi Maltese harus mengetahui beberapa karakteristik kunci dari peranakan lucu ini.

Lapisan bulu putih

Barangkali ciri khas yang paling membedakan anjing Maltese dengan anjing lainnya adalah lapisan bulu putihnya yang halus dan panjang. Maltese memiliki sangat sedikit lapisan bulu bawah dan tidak terlalu merontokkan bulu. Perawatan rutin untuk menjaga lapisan bulunya mutlak diperlukan, seperti menyisir dan memandikannya.

Ukuran Kecil

Anjing Maltese dianggap sebagai salah satu ras anjing mainan tertua di Eropa. Pejantan bisa memiliki tinggi antara 8 sampai 10 inci, sementara betina berkisar antara 8 sampai 9 inci. Bobot mereka biasanya sekitar 6½ hingga 9 pound.

Aktivitas rendah

Anjing Maltese bukanlah peranakan yang terlalu aktif, meskipun mereka juga perlu bermain secara teratur dan berjalan-jalan singkat setiap hari agar tetap bugar. Menurut Dog Breed Info Center, mereka aktif di dalam ruangan, tetapi tidak memerlukan halaman untuk berkeliaran.

Berumur panjang

Dengan perawatan yang tepat, anjing Maltese bisa berumur panjang. Harapan hidup normal anjing ini adalah sekitar 15 tahun, tetapi mereka juga dapat hidup sampai 18 tahun.

Cerdas

Maltese dianggap sebagai anjing cerdas yang setia pada tuannya dan terampil dalam mempelajari trik-trik. Namun, anjing ini juga bisa keras kepala dan dikenal sulit untuk diajari buang kotoran di tempatnya.

Over-protektif

Maltese adalah jenis anjing yang sangat waspada, dan jika tidak terlatih, mereka dapat menjadi penggonggong yang mengganggu. Maltese akan menggonggong pada setiap provokasi kecil. Jangan membiarkan Maltese berpikir bahwa mereka adalah anggota dominan di rumah, atau jika tidak mereka dapat menjadi agresif pada anak-anak atau orang dewasa.

Beberapa masalah kesehatan yang rawan

Maltese dapat rentan terhadap masalah kulit dan mata serta beberapa masalah pencernaan. Anjing ini juga dapat terbakar matahari di sepanjang bagian bulu mereka karena kulit mereka yang begitu pucat.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.