20 Keuntungan Minum Kopi, Kabar Baik untuk Pecandu Kafein

Pecinta kopi, mari ngumpul! Lupakan berbagai stigma negatif tentang kopi yang sering kita dengar.

Pro dan kontra seputar minum kopi selalu muncul dalam percakapan dan berita sehari-hari. Pecinta kopi tentu sudah pernah mendengar hal-hal buruk tentang kopi, dan sekarang sepertinya ada kabar baik lagi untuk mereka. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diserap dari kebiasaan ngopi.

Setidaknya ada beberapa alasan bagus untuk terus minum kopi yang nikmat ini.

Alasan Minum Kopi

Biji Kopi Hitam

Pertama, kopi bagus untuk jantung dan jiwa.

1. Kopi rasanya enak! Minumlah kopi karena Anda menyukainya, dan minumlah yang banyak, jangan ragu.

2. Kopi bisa membuat kita nyaman. Kopi membantu seseorang merasa lebih baik ketika sedang down atau depresi. Faktanya, sebuah studi yang dilakukan oleh Alberto Ascherio dari Harvard School of Public Health terhadap 50.000 wanita yang minum kopi berkafein menunjukkan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi setiap hari atau lebih memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengembangkan depresi dibandingkan wanita yang tidak minum kopi berkafein.

3. Kopi memberikan dorongan energi (terima kasih kafein!).

4. Secangkir kopi panas bisa menghangatkan tubuh saat kedinginan. Kita tidak perlu penjelasan sains yang rumit untuk mengetahui bahwa secangkir kopi panas bisa menghangatkan kita di hari yang dingin!

5. Kafein dalam kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat tubuh selalu terjaga dan fokus.

6. Kopi mengandung antioksidan seperti asam klorogenik dan polifenol yang membantu mencegah kerusakan sel.

7. Kopi dikaitkan dengan tekanan darah rendah, tingkat kenaikan berat badan yang lambat seiring bertambahnya usia, serta berkurangnya risiko diabetes tipe 2.

8. Kopi rendah kalori. Secangkir kopi tanpa susu atau gula hanya mengandung 2 kalori. Tambahan susu dan gula akan meningkatkan kalori menjadi 64 per 8 ons cangkir.

9. Kopi bisa menjadi minuman yang bisa merekatkan hubungan sosial dengan teman atau kerabat. Kopi juga bisa jadi sajian yang istimewa untuk tamu.

10. Aroma kopi begitu nikmat dan ini rasanya tak perlu digambarkan dengan kata-kata.

11. Kopi bisa dinikmati dengan berbagai makanan, mulai dari kue kering sampai cokelat.

Manfaat kesehatan kopi

Jika di atas adalah alasan-alasan ringan kenapa kita harus minum kopi, kini kita akan membahas beberapa alasan medis tentang kenapa kopi itu sehat dan wajib dikonsumsi.

1. Kopi melindungi kita dari diabetes

Menurut Frank Hu, MD, MPH, PhD, profesor gizi dan epidemiologi dari Harvard School of Public Health, penelitian telah membuktikan bahwa orang yang minum enam atau tujuh cangkir kopi memiliki peluang 35% lebih kecil untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Para ilmuwan memperkirakan bahwa senyawa antioksidan dalam kopi mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin serta membantu mengatur kadar gula darah. Namun sampai sekarang belum ada bukti apakah kopi tanpa kafein lebih baik daripada kopi berkafein.

2. Mengurangi risiko Alzheimer dan demensia

Minum antara 3-5 cangkir kopi setiap hari berkontribusi dalam penurunan risiko Alzheimer dan demensia. Antioksidan dalam kopi membantu mencegah kerusakan sel otak dan meningkatkan efek neurotransmiter. Sebuah studi di Finlandia dan Swedia yang diikuti 1.400 orang selama 20 tahun menemukan bahwa kasus Alzheimer dan demensia menjadi 65% lebih rendah pada orang-orang yang minum 3-5 cangkir kopi setiap hari.

3. Kafein meningkatkan memori pada manula

Periset di University of Arizona dan kelompok penelitian di UCLA menemukan bukti bahwa kafein bisa memperbaiki dan meningkatkan memori bagi wanita lanjut usia.

4. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Harvard School of Public Health melaporkan bahwa asupan kopi yang lebih tinggi memiliki keterkaitan kuat dengan penurunan risiko terkena penyakit Parkinson.

Kopi

5. Kopi membuat Anda lebih sadar, fokus, dan terjaga

Kopi merangsang produksi kortison dan adrenalin yang mempersiapkan tubuh untuk menanggapi rangsangan dan meningkatkan kemampuan indera.

6. Menurunkan risiko kanker otak

Beberapa penelitian juga mencatat bahwa ketika konsumsi kopi meningkat, beberapa jenis kanker otak akan menurun.

7. Berkurangnya kasus stroke

Studi Kesehatan Perawat jangka panjang menunjukkan bahwa asupan kopi yang moderat menurunkan kasus stroke sebesar 20%.

8. Menurunkan kasus penyakit hati (liver)

Semakin banyak minum kopi, semakin rendah risiko terserang penyakit hati. Hasil analisa data dari sembilan penelitian menemukan bahwa di setiap 2 cangkir kopi harian risiko terkena kanker hati menjadi 43% lebih rendah.

Dan penelitian lain menemukan manfaat tambahan ini:

9. Menurunkan risiko kanker prostat

Penelitian baru di Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa pria yang minum kopi memiliki risiko terkena kanker prostat 20% lebih rendah. Mereka yang minum enam cangkir atau lebih setiap hari dapat memangkas risiko kanker prostat hingga 60% dibandingkan dengan bukan peminum kopi. (Diterbitkan oleh Journal of the National Cancer Institute).

10. Menurunkan risiko karsinoma sel basal

Dalam pertemuan American Association for Cancer Research di Boston pada tahun 2011, data yang disajikan menunjukkan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena karsinoma sel basal. Angka penurunan risiko itu lebih rendah pada pria, yaitu 9%.

11. Kopi mengurangi nyeri otot pasca olahraga atau latihan fisik

Dua cangkir kopi setelah berolahraga bisa mengurangi nyeri pasca olahraga sebanyak 48%, menurut Journal of Pain, Maret 2007.

Beberapa risiko kesehatan dari minum kopi

Kopi3

Ada beberapa risiko kesehatan bagi peminum kopi berkafein yang tidak ada solusinya, dan supaya adil kami akan menjabarkannya di sini.

1. Terlalu banyak kopi bisa mengakibatkan hilangnya kalsium lebih cepat.

2. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko stroke serta serangan jantung, kata Dr. Jim Lane, seorang peneliti di Duke University Medical School (2002). Ini bertentangan dengan temuan penelitian Harvard di atas.

Efek buruk minum kopi… dan solusinya!

Tentu ada dampak buruk dari meminum kopi. Dan berikut adalah beberapa solusi untuk hal-hal negatif yang pernah Anda dengar tentang kopi:

1. Kepekaan terhadap kafein dapat menyebabkan iritabilitas dan kegugupan.

Solusi: Minumlah kopi setiap hari. Ini akan membangun toleransi terhadap kafein dan efek gelisah itu akan hilang dengan sendirinya.

2. Kopi itu adiktif. Orang yang minum kopi setiap hari pasti akan mengalami sakit kepala jika mereka kekurangan kopi.

Solusi: Jangan menyiksa diri. Minumlah kopi setiap hari!

3. Kopi bisa membuat Anda terjaga jika Anda meminumnya terlalu dekat dengan waktu tidur.

Solusi: Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam sampai kafein keluar dari sistem tubuh Anda. Jadi jika Anda memiliki masalah tidur, jangan minum kopi lewat sore hari.

4. Kopi yang tidak disaring bisa meningkatkan LDL (kolesterol jahat). Kopi yang tidak disaring (berampas) mengandung senyawa tingkat tinggi yang dapat meningkatkan LDL.

Solusi: Minumlah kopi yang disaring alias tanpa ampas karena itu lebih sehat.

Nah, setelah tahu segudang manfaat kopi itu, apakah Anda masih ragu untuk menuang kopi ke dalam gelas Anda? Jangan sampai berbagai manfaat itu hilang hanya karena Anda terlalu khawatir dengan dampak buruk kopi!

Komentar Anda