Lima Fakta Menarik Seputar Film Dil (1990)

Dil adalah film Bollywood tahun 1990 yang menampilkan Aamir Khan dan Madhuri Dixit didampingi Anupam Kher dan Saeed Jaffrey. Mereka membawakan kisah romantis tentang Hazari Prasad yang sangat ingin putra tunggalnya, Raja, menikah dengan gadis kaya raya. Namun Raja hanya tertarik untuk menghabiskan uang ayahnya dalam pesta-pesta. Suatu hari saat sedang berjalan-jalan di kampus, Raja bertemu gadis cantik bernama Madhu. Gadis inilah yang menghadirkan banyak kisah pada kehidupan Raja.

Dil

Berikut fakta yang perlu Anda tahu tentang film Dil.

1. Film ini diremake beberapa kali, seperti dalam bahasa Telugu di tahun 1993 dengan judul Tholi Muddhu dan menduetkan Divya Bharti dan Prashanth. Dil juga dibuat ulang dalam bahasa Bengali dan Kannada.

2. Dil merupakan film pertama Aamir Khan yang menuai kesuksesan setelah sebelumnya ia beberapa kali gagal di box office.

3. Film ini asalnya berjudul Khunda dan akan digarap oleh Chandra Barot. Adapun aktor-aktor yang hendak dipasang adalah Shashi Kapoor, Rohan Kapoor, Danny Denzongpa, Tabu, serta Farha. Namun proyek itu dikesampingkan.

4. Delapan nominasi didapatkan film ini, dan satu-satunya yang berhasil dimenangkan adalah kategori Aktris Terbaik yang diraih Madhuri Dixit.

5. Musik film ini menuai konflik kala Gulshan Kumar dari T-Series (yang memiliki musiknya) mendubbing lagu-lagu yang awalnya diberikan oleh Alka Yagnik dan Anuradha Paudwal.

Komentar Anda