Menikah Bisa Bantu Proses Penyembuhan Pasca Operasi Jantung

Loading...

Kabar medis yang satu ini mungkin akan terdengar sedikit menggelitik, tapi ini sebenarnya telah terbukti secara ilmiah. Tahukah Anda, menikah ternyata dapat membantu seseorang untuk sembuh lebih baik setelah melakukan operasi jantung, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam JAMA Surgery.

Pasangan Bahagia

Menggunakan data dari University of Michigan Health and Retirement Study, para peneliti di University of Pennsylvania menganalisis sekitar 1.500 peserta, yang berusia 50 tahun ke atas dan menjalani operasi jantung. Peneliti juga mencatat riwayat medis, gaya hidup, kualitas hidup, dan struktur keluarga.

Pada awal penelitian, 65 persen dari peserta berstatus sudah menikah, 12 persen bercerai atau berpisah, 21 persen menduda/menjanda, dan 2 persen lainnya melajang.

Pasca operasi, persentase peserta yang meninggal atau mengembangkan cacat baru 19 persennya adalah dari peserta yang sudah menikah, 29 persen dari peserta yang bercerai atau berpisah, 34 persen dari peserta yang menduda/menjanda, dan 20 persennya dari peserta lajang.

Dengan kata lain, mereka yang bercerai, menduda/menjanda, dan berpisah memiliki risiko sekitar 40 persen lebih besar untuk meninggal dunia atau mengalami penurunan kualitas hidup dibandingkan dengan peserta yang sudah menikah. Nah, tambah satu lagi nih alasan untuk menikah 😉

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.