Pentingnya Serat untuk Wanita Di Atas 40 Tahun

Loading...

Serat merupakan bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dipecah tubuh. Serat melewati saluran pencernaan sebagian besar dalam kondisi utuh, tetapi bukan berarti serat tidak diperlukan. Bahkan, serat sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat juga dapat membantu wanita yang berusia di atas 40 tahun untuk menurunkan atau menjaga berat badan serta membantu mencegah penyakit jantung, kanker usus besar, dan diabetes tipe 2.

Jumlah dan sumber yang direkomendasikan

Wanita di atas 40 tahun membutuhkan serat sebanyak yang dibutuhkan wanita muda sampai ia menginjak usia 50 tahun. Institute of Medicine of the National Academies menyarankan semua wanita untuk mengonsumsi setidaknya 25 gram serat per hari sampai umur 50 tahun, kemudian diturunkan menjadi 21 gram. Anda dapat menemukan serat dalam sebagian besar makanan nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Serat juga tersedia sebagai suplemen makanan.

Serat dan berat badan

Wanita di atas 40 tahun sering mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Ketika menjalani diet yang membutuhkan jumlah kalori yang tepat, meningkatkan asupan serat akan sangat membantu. Sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam jurnal Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat cenderung memiliki berat badan lebih rendah dibandingkan mereka yang makan makanan rendah serat. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa makanan tinggi serat seringkali rendah kalori dan serat membantu membuat Anda tetap kenyang lebih lama setelah makan.

Manfaat kesehatan tambahan

Serat membantu menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat dengan cara melancarkan buang air besar. Makanan tinggi serat dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit, selain juga dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan makanan tinggi serat membantu mencegah sindrom metabolik, gangguan yang mencakup tekanan darah tinggi, kadar insulin tinggi, kelebihan berat badan, dan kolesterol HDL rendah (kolesterol baik).

Tips untuk meningkatkan serat

Pilih sarapan sereal yang tinggi serat seperti gandum. Makan buah-buahan segar sebagai camilan pengganti permen dan santap salad hijau dengan sayuran untuk makan siang. Makan malam berserat tinggi mencakup hidangan vegetarian yang dibuat dengan kacang-kacangan seperti lentil. Pilih roti dan sereal 100 persen gandum, bukan produk olahan gandum. Serat suplemen juga dapat meningkatkan asupan serat Anda, tapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu, dan ikuti petunjuk dosisnya.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.