Pointer, Alat yang Bikin Presentasi Jadi Makin Keren


Di sekolah maupun kantor, kita mungkin pernah mengadakan presentasi menggunakan software Microsoft PowerPoint yang dihubungkan dari laptop ke layar besar. Dengan PowerPoint, kita bisa membuat banyak slide berisi teks, gambar, video, audio, dan lain sebagainya sesuai isi presentasi yang kita bawakan. Nah, penggantian antara slide itu dulu dilakukan secara manual, yaitu mengklik tombol laptop. Tapi ini sudah ada satu alat canggih dan keren bernama pointer.

Pointer

Pointer dikenal juga dengan nama clicker atau wireless presentation remote controls. Dalam kegiatan presentasi zaman sekarang, pointer sudah lazim digunakan sebagai alat bantu. Presenter atau orang yang mengadakan presentasi tidak perlu lagi mondar-mandir mengklik tombol di laptop yang ribet, cukup mengklik tombol pointer di tangan dan slide pun akan bergerak sendiri sesuai yang diinginkan.

Maraknya kebutuhan akan pointer dijawab oleh perusahaan pembuat gadget dengan menyediakan berbagai pilihan wireless pointer yang canggih, seperti Logitech, Kensington, Canon, dan Satechi. Mereka berlomba menawarkan berbagai pointer tangguh yang dilengkapi banyak fitur bagus. Harganya pun bervariasi.

Pointer akan membuat kegiatan presentasi menjadi lebih elegan dan berkelas. Steve Jobs adalah salah satu ahli penggunaan pointer. Semasa hidupnya, dia memperkenalkan produk-produk Apple melalui presentasi besar dan tanpa sepengetahuan banyak orang dia sebenarnya menggonta-ganti tampilan layar presentasi menggunakan pointer.

Dari situ orang mulai mempelajari bagaimana sih cara menggunakan pointer yang keren seperti Steve Jobs. Edison Red menjelaskan bahwa menggunakan pointer berbeda dengan menggunakan remote TV. Di depan TV kita bisa dengan leluasa dan santai menggonta-ganti channel sesuka hati, tapi tidak demikian dengan presentasi. Presenter disarankan berlatih dahulu menggunakan pointer agar penonton tidak menyadari bahwa Anda mengklik sesuatu di tangan. Jangan khawatir, alat ini sepenuhnya wireless.

Sebagian besar pointer juga dilengkapi dengan tombol untuk membuat layar ‘blank’ alias kosong. Ini adalah salah satu fitur bagus dalam device ini. Ketika presenter menekan tombol ini, layar akan menjadi gelap dan perhatian audiens kembali tertuju pada presenter. Pada saat ini presenter bisa menjelaskan ide-idenya dengan tenang tanpa perlu khawatir penonton terdistraksi dengan tampilan layar di hadapan mereka.

Pointer laser modern dipakai oleh para profesional di dunia bisnis dan pendidikan. Fitur-fitur yang ditawarkan amat membantu proses presentasi, seperti daya baterai yang kuat, daya jangkau yang jauh (biasanya mencapai 15-30 meter), kontrol yang mudah dan intuitif, dan desain yang elegan.

Pointer yang dipasarkan luas seperti buatan Logitech bisa terintegrasi dengan mudah dengan berbagai sistem operasi dan memiliki teknologi RSSI (Radio Signal Strength Indicator) untuk membantu presenter tetap berada dalam jarak yang ideal. Warna laser yang hijau dipercaya lebih mudah dilihat daripada warna laser merah dan soal harga juga masih relatif terjangkau.

Pointer yang berharga mahal punya daya baterai yang kuat dan bisa di-charge dengan kabel USB, sehingga sangat praktis. Selain itu, pointer yang bagus juga memiliki tombol untuk mengontrol volume, terintegrasi dengan Bluetooth, tombolnya bisa berbentuk joystick, bisa beroperasi dengan berbagai layar seperti layar proyeksi tradisional, layar TV, layar LED, dan smart boards, serta yang pasti bisa bekerja dengan semua software presentasi seperti PowerPoint, Keynote, PDF, Google Slides, dan Prezi.

Lalu di mana kita bisa mendapatkan pointer yang bagus? Selain dijual di toko-toko komputer, pointer juga bisa didapatkan di e-commerce kesayangan Anda, salah satunya Shopee. Kenapa Shopee lebih recommended? Karena selain pilihannya lebih lengkap, Shopee juga rajin mengadakan berbagai promo yang menarik dan ekonomis. Produk-produk elektronik yang dijual di sana dijamin keasliannya dan bergaransi.

Electronic Sale yang ada di Shopee bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk hunting barang-barang elektronik berkualitas seperti pointer. Dan untuk lebih jelasnya, kunjungi langsung yuk Shopee dengan mengklik link berikut ini: Shopee Electronic Sale. Happy Shopping!

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.