Profil Perjalanan Karir Ha Ji-won di Dunia Perfilman (2000-2017)

Bagi fans K-Drama, Ha Ji-won dikenal sebagai sosok ratu drama yang cantik memikat. Tapi bagi fans film, wanita kelahiran 28 Juni 1978 ini dikenal dengan banyak titel, termasuk Putri Film Horor Asia, Bunga Reunifikasi, Ratu Film Action, dan lain-lainnya. Ya, karir film Ha Ji-won memang lebih menonjol dari karir dramanya. Dia sudah berada di industri ini sejak tahun 1996. Dan sejak debut di layar lebar pada tahun 2000, dia sudah bermain di 23 buah film sampai tahun 2017! Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Ha Ji-won

Yuk kita ikuti perjalanan karir Ha Ji-won di dunia film layar lebar.

Di tahun 2000, Ha Ji-won melakukan debut filmnya dalam sebuah thriller berjudul Truth Game bersama aktor top Ahn Sung-ki. Dia terpilih mengalahkan 1.500 kandidat pemeran karakternya, Han Da-hye. Berkat aktingnya memerankan seorang karakter yang bipolar, dia dianugerahi penghargaan Best New Actress dari ajang Grand Bell Awards ke-37 dan Busan Film Critics Awards ke-1.

Di tahun yang sama, wanita bernama asli Jeon Hae-rim ini muncul di film horor garapan Ahn Byeong-ki, Nightmare, dan sebuah film roman fiksi ilmiah, Ditto, yang memberinya penghargaan Best Supporting Actress dari ajang Blue Dragon Film Awards ke-21.

Setelah bermain di drama Life Is Beautiful bersama Kim Rae-won, Ha Ji-won comeback ke layar lebar pada tahun 2002 dengan membintangi film horor Ahn Byeong-ki lagi, Phone. Film ini menuai kesuksesan massif di Korea dan juga Italia, yang secara resmi membuat Ji-won digelari sebagai “Putri Horor Asia.”

Menyusul Phone di tahun yang sama ada film garapan Yoon Je-kyoon yang terinspirasi American Pie, Sex Is Zero, yang dibintangi Ha Ji-won bareng Im Chang-jung. Film tersebut muncul sebagai film Korea terpopuler ketiga di tahun 2002 dan menduduki peringkat kelima dari seluruh film yang dirilis di tahun itu. Sex Is Zero mengantar Ji-won meraih Popularity Award dari Baeksang Arts Awards ke-39.

100 Days with Mr. Arrogant
Ha Ji-won dalam 100 Days with Mr. Arrogant

Di tahun 2003-2004, Ha Ji-won sibuk dengan dengan proyek-proyek dramanya, namun dia masih sempat membintangi film Reversal of Fortune bersama Kim Seung-woo. Film tersebut menampilkan beberapa lagu dari album debut Ji-won, Homerun. Di tahun depannya, dia muncul di dua film, yaitu film bertema fiksi internet 100 Days with Mr. Arrogant bersama Kim Jae-won dan film komedi romantis Love, So Divine bersama Kwon Sang-woo. Sayang, dua film itu tak terlalu sukses di bioskop.

Setelah jadi cameo di film All for Love pada tahun 2005, Ha Ji-won lantas menyambar peran protagonis wanita di film Daddy-Long-Legs yang terinspirasi dari novel berjudul sama karya Jean Webster. Dia juga membintangi film beladiri karya Lee Myung-se, Duelist, berpasangan dengan Kang Dong-won. Film tersebut juga mempertemukan kembali Ji-won dengan aktor nasional Korea, Ahn Sung-ki, lawan mainnya dari Truth Game.

Tahun 2007 ditandai dengan penampilan Ha Ji-won di film drama komedi Miracle on 1st Street yang menjadi ajang reuni baginya dengan aktor Im Chang-jung dan dan sutradara Yoon Je-kyoon. Mereka membawa film ini menjadi film terlaris kelima di tahun 2007. Dia menutup tahun ini dengan tampil sebagai cameo di film Sex Is Zero 2.

Miracle of Giving Fool
Ha Ji-won dalam Miracle of Giving Fool

Tahun depannya, Ha Ji-won mengambil peran sebagai pianis di film Miracle of Giving Fool alias BA:BO bersama aktor komedi Cha Tae-hyun. Film itu didasarkan pada webcomic berjudul sama dan membuat Ji-won meraih Popularity Award dari ajang Baeksang Arts Awards ke-44. Setelah itu, dia bermain sebagai cameo di film His Last Gift.

Pada tahun 2009, Ha Ji-won untuk kesekian kalinya bekerjasama dengan sutradara Yoon Je-kyoon untuk menggarap film blockbuster bertema bencana, Tidal Wave alias Haeundae. Film yang didanai CJ Entertainment itu menghabiskan dana sebesar 10-15 juta dolar AS, menjadikannya salah satu film produksi Korea paling mahal.

Haeundae
Ha Ji-won dalam Haeundae

Haeundae mendapat respon positif dan kesuksesan komersial serta menjadi film terlaris keempat di Korea Selatan. Ji-won pun mendapat gelar baru sebagai “Aktris Film 10 Juta” yang telah menghadirkan kejayaan untuk 10 juta audiens.

Dia kemudian membintangi film melodrama Park Jin-pyo berjudul Closer to Heaven. Aktingnya yang menyayat membuat dia mampu meraih gelar Best Actress Award dari ajang Blue Dragon Film Awards ke-30 dan Baeksang Arts Awards ke-46.

Ha Ji-won baru comeback ke layar kaca pada 2011 lewat film 3D fiksi ilmiah, Sector 7. Meski film tersebut gagal berjaya di box office Korea, di box office China film ini menjadi hit dengan mengumpulkan pemasukan lebih dari 20 juta yuan hanya di minggu pertamanya, mengalahkan rekor yang dicetak 200 Pounds Beauty dengan 16 juta yuan.

Sector 7
Ha Ji-won dalam Sector 7

Untuk mempersiapkan perannya di film itu, Ji-won menghabiskan waktu delapan jam sehari untuk berenang dan latihan berat. Dia juga mendapatkan sertifikat scuba diving dan surat izin mengemudi untuk makin menenggelamkan dirinya dalam peran.

Setahun kemudian Ha Ji-won membintangi film sports berjudul As One, di mana dia mendapat peran sebagai pemain tenis meja Korea Selatan. Menurut laporan, atlet Hyun Jung-hwa yang digambarkan Ji-won di film ini secara pribadi memilih Ji-won untuk memerankan dirinya. Lalu di tahun 2014, bersama Kang Ye-won dan Son Ga-in dari Brown Eyed Girls Ji-won membintangi film sageuk fusi action yang terinspirasi dari Charlie’s Angels, yakni The Huntresses.

Chronicle of a Blood Merchant
Ha Ji-won dalam Chronicle of a Blood Merchant

Di tahun 2015, Ha Ji-won dikasting oleh aktor Ha Jung-woo untuk berperan sebagai istrinya di film yang dia sutradarai sendiri, Chronicle of a Blood Merchant, sebuah film adaptasi dari novel laris China tahun 1995 berjudul sama yang ditulis Yu Hua. Lalu pada 2016, dia mendampingi aktor Taiwan, Chen Bolin, membintangi film percintaan produksi China-Korea Selatan, Life Risking Romance.

Dan pada tahun 2017, dia membintangi Manhunt, sebuah film thriller polisi produksi China-Hong Kong yang disutradarai John Woo. Manhunt diadaptasi dari novel Jepang berjudul Kimi yo Fundo no Kawa o Watare karya Juko Nishimura.

Itulah uraian panjang tentang karir Ha Ji-won dalam 17 tahun terakhir ini. Sebuah perjalanan karir yang sangat impresif! Setelah mencapai semua ini, apakah dia akan meredup dan berhenti? Tentu saja tidak, karena Ji-won masih punya banyak pesona dan energi untuk membintangi film-film barunya nanti di waktu mendatang.

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.