Sekilas Fakta Tentang Salamander

Loading...

Salamander adalah amfibi dengan tubuh langsing dan ekor panjang. Mereka memiliki keterkaitan dengan katak dan kodok. Salamander terlihat agak seperti kadal. Tapi tidak seperti kadal, mereka ditutupi dengan kulit licin dan mengkilap. Ada sekitar 400 spesies salamander di dunia, di antaranya kadal air dan mudpuppy.

Salamander

Salamander hidup terutama di belahan bumi utara. Seperti amfibi lainnya, mereka bisa hidup di dalam air atau di darat. Salamander terutama menyukai tempat-tempat yang gelap dan basah seperti hutan.

Kebanyakan salamander panjangnya sekitar 4 sampai 6 inci (10 sampai 15 cm). Mereka memiliki empat kaki yang pendek. Mereka biasanya berwarna cerah, seringkali memiliki bintik-bintik atau garis-garis. Salamander dapat bernafas melalui paru-paru atau organ khusus yang disebut insang. Beberapa salamander dapat mengambil oksigen melalui kulit mereka.

Salamander biasanya bersembunyi pada siang hari dan keluar pada malam hari. Mereka memakan serangga, ikan kecil, cacing, siput, dan salamander kecil. Salamander memiliki beberapa cara untuk melindungi diri mereka dari musuh. Kebanyakan jenis salamander dapat melepaskan racun yang rasanya buruk atau menyebabkan rasa sakit. Seekor salamander juga dapat mengibaskan/mencambukkan ekornya untuk mempertahankan diri. Jika ekor terputus, salamander dapat menumbuhkan yang baru.

Salamander menetas dari telur. Kebanyakan salamander memulai kehidupannya di dalam air dalam bentuk yang disebut larva. Larva melalui serangkaian perubahan, yang disebut metamorfosis, menjadi dewasa. Salamander yang menetas di darat keluar sebagai miniatur salamander dewasa.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.