Statin Bisa Turunkan Efektivitas Vaksin Flu

Loading...

Meski mengonsumsi statin adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatur kadar kolesterol, obat jenis ini ternyata juga dapat mengurangi efektivitas vaksin flu, menurut dua studi yang diterbikan dalam The Journal of Infectious Diseases.

Obat Statin

Orang dewasa lanjut usia beresiko sangat tinggi terkena penyakit serius dan komplikasi dari flu. Pada saat yang sama, lebih dari 40 persen orang dewasa Amerika di atas usia 65 tahun mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol mereka.

Para peneliti menganalisis data dari uji coba vaksin flu yang dilakukan selama musim flu 2009-2010 dan 2010-2011. Mereka memperhatikan dengan seksama tingkat antibodi flu dalam darah tiga minggu setelah seseorang divaksinasi. Pengguna statin terbukti memiliki respon imun yang secara signifikan lebih rendah terhadap vaksin flu dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan obat ini. Penurunan paling dramatis terlihat pada mereka yang mengonsumsi statin sintetis.

Dalam penelitian kedua yang berfokus pada perlindungan terhadap penyakit pernapasan, para peneliti dari Emory University menganalisis sembilan musim flu antara tahun 2002 sampai tahun 2011. Mereka memeriksa data pada vaksinasi flu, resep statin, dan penyakit pernapasan pada 140.000 pasien di pusat perawatan kesehatan di Georgia. Setelah disesuaikan dengan faktor-faktor tertentu, mereka menemukan bahwa perlindungan terhadap penyakit pernapasan lebih rendah pada mereka yang menggunakan statin, terutama ketika flu tersebar luas.

Temuan-temuan ini dapat memiliki implikasi pada pedoman rekomendasi vaksin flu, penggunaan statin pada orang dewasa yang berusia lanjut di sekitar waktu vaksinasi, dan uji klinis vaksin pada orang lanjut usia di masa depan.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.