Studi: Televisi Bisa Tingkatkan Resiko Kematian

Loading...

Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan TV buruk bagi kesehatan Anda. Para peneliti di National Cancer Institute mengungkapkan bahwa perilaku duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko delapan penyebab utama kematian.

Menonton TV

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis lebih dari 221.000 orang dewasa sehat berusia antara 50 dan 71 tahun sampai kematian mereka atau sampai batas waktu tanggal 31 Desember 2011.

Temuan mereka, yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine, menunjukkan bahwa risiko kematian meningkat dengan tiga sampai empat jam per hari menonton TV, sebuah temuan yang mendukung penelitian sebelumnya. Namun studi ini juga mengungkapkan peningkatan risiko kematian dari penyakit terkait tertentu, seperti diabetes, influenza, pneumonia, penyakit liver, dan penyakit Parkinson.

Dibandingkan dengan mereka yang menonton TV satu jam atau kurang per hari, mereka yang menonton tiga sampai empat jam 15 persen lebih mungkin untuk meninggal dunia karena berbagai sebab, dan mereka yang menonton tujuh jam atau lebih 47 persen lebih mungkin meninggal dunia selama penelitian berlangsung.

Para peneliti mengontrol kontributor potensial seperti peningkatan asupan kalori dan alkohol, merokok, dan status kesehatan. Anehnya, efek negatif menonton TV tidak hilang pada orang yang tetap aktif.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan antara menonton TV dan kematian, dan apakah risiko ini juga berlaku pada bentuk lain dari duduk berlama-lama seperti mengemudi dan duduk bekerja di meja.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.