Studi Ungkapkan Bumi Kini Memiliki Tiga Triliun Pohon

Loading...

Sensus hutan terbaru menyebutkan bahwa bumi kini memiliki tiga triliun pohon. Jumlah total pohon ini 7,5 kali lebih banyak dari beberapa perkiraan sebelumnya. Jumlah ini adalah kejutan yang menyenangkan, tetapi kabar baik ini dikerdilkan oleh realitas deforestasi. Studi terbaru Universitas Yale menunjukkan bahwa populasi pohon di planet telah berkurang hampir setengahnya sejak manusia muncul.

Pohon di Bumi

Studi terbaru ini menggunakan kombinasi citra satelit, inventarisasi hutan, dan model komputer yang kuat untuk menghitung pohon bumi. Hasilnya sudah dipublikasikan minggu ini dalam jurnal Nature.

Para peneliti mengatakan bahwa data yang lebih akurat tentang populasi pohon dan distribusi hutan dapat meningkatkan model yang digunakan untuk memahami sistem global skala besar.

“Pohon adalah salah satu organisme yang paling menonjol dan kritis di bumi, namun kita baru mulai memahami sejauh mana jangkauan dan distribusi globalnya,” ungkap penulis utama studi Thomas Crowther dari Yale School of Forestry & Environmental Studies dalam sebuah jumpa pers.

“Mereka (pohon-pohon) menyimpan sejumlah besar karbon, sangat penting untuk siklus nutrisi, air, kualitas udara, dan untuk pelayanan manusia yang tak terhitung jumlahnya,” tambah Crowther. “Namun Anda meminta orang untuk memperkirakan, dalam urutan besarnya, berapa banyak pohon yang ada dan mereka tidak tahu dari mana harus memulai. Saya tidak tahu apa yang akan saya duga, tapi saya terkejut menemukan bahwa kita berbicara tentang triliunan.”

Data pohon baru ini diharapkan dapat memberikan informasi untuk penelitian model penyimpanan karbon, ekosistem hutan, keanekaragaman hayati, dan banyak lagi.

Penelitian baru ini tak hanya meningkatkan pemahaman kita tentang interaksi antara vegetasi dan perubahan iklim, namun juga membuktikan hutan di planet ini sudah mengalami perubahan dramatis. Manusia adalah penggerak terbesar deforestasi, kata peneliti, dan data baru mereka yang lebih lanjut menegaskan korelasi negatif antara populasi manusia dan pohon. Setiap tahun, bumi kehilangan sekitar 15 miliar pohon.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.